Aturan Waralaba dan Toko Harus Dipisahkan

Date:

Jakarta, Banten Hits.com  – Menjamurnya waralaba (franchising) yang didominasi pemodal besar disetiap sudut, membuat  Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) makin menjerit. Dari sanalah akhirnya ada pemikiran bahwa aturan waralaba dengan toko dalam Undang-Undang (UU) waralaba harus dibedakan. Hal ini dimaksudkan agar memberikan ruang gerak pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Jakarta, Banten Hits.com  – Menjamurnya waralaba  (franchising) yang didominasi pemodal besar disetiap sudut, membuat  Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) makin menjerit. Dari sanalah akhirnya ada pemikiran bahwa aturan waralaba dengan toko dalam Undang-Undang (UU) waralaba harus dibedakan. Hal ini dimaksudkan agar memberikan ruang gerak pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

“Waralaba yang dibatasi itu jumlah kepemilikan toko biar memberikan space kepada UMKM, tapi lagi-lagi waralabanya sendiri tidak boleh dibatasi. Itu kreativitas,” kata Deputi Menko Perekonomian Bidang Industri dan Perdagangan Edy Putra Irawadi, seperti dikutip dari Okezone.com, Senin (18/2/2013).

Edy menjelaskan, jika nantinya akan diberikan brand, maka brand tersebut tidak boleh dibatasi karena hak intelektual pemilik. “Yang dibatasi itu kepemilikannya, itu wajar untuk memberikan ruang pada UMKM,” kata dia.

“Ini kan sedang dibahas, tapi memang sudah efektif. Kita harus ngamanin itu dulu,” tambahnya.

Dia menjelaskan, Permendag waralaba Nomor 53 nantinya akan membatasi toko modern agar tidak didominasi pemilik modal. “Nah, jangan terjadi manipulasi hukum. Kalau dia toko, ya toko. Restoran, ya restoran. Sebenarnya itu kreativitas, tapi izinnya harus jelas,” tukasnya (Okezone/Ningrum)

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Setelah Sebatik Merambah Pasar Taiwan hingga Belanda, Kini Giliran Sepatu Lokal ‘Dorks’ Diekspor ke Senegal

Berita Tangerang - Sepatu-sepatu lokal di Kabupaten Tangerang yang...

Kata Pejabat Kemenko Perekonomian dan Bank Indonesia soal Inflasi dan Digitalisasi di Banten

Berita Banten - Tim Pengendalian Inflasi Daerah atau TPID...

Emang Boleh Ada Bolen Selegit ‘Ovenin’ Buatan Sri?

Berita Tangerang - Sri Yuningsih memberikan garansi tentang keunggulan...

bank bjb Kembali Dipercaya Jadi Penempatan RKUD Kota Tangsel

Berita Tangsel - bank bjb kembali dipercaya sebagai tempat...