MTI Ragu Kereta Api Bandara Selesai 2014

Date:

Jakarta, Banten Hits.com – Proyek pembangunan jalur kereta api ke Bandara Internasional Soekarno Hatta yang ditargetkan selesai tahun ini, diragukan sejumlah pihak. Masyarakat Trasportasi Indonesia (MTI), salah satunya.  Alasannya, karena masih ada kendala tentang proses pembebasan lahannya.

Ketua MTI, Aditya Dwi Laksana seperti dikutip kompas.com, Kamis (21/02), mengatakan jika tidak ada komitmen pemerintah yang mau membebaskan lahan warga, maka proyek itu tidak akan selesai sesuai yang ditargetkan.

Menurut Aditya, membebaskan lahan milik warga tidak mudah. Karena, perlu nego khusus. Selain itu diharapkan tidak menimbulkan kerugian di masing-masing pihak. Apalagi, proyek kereta api bandara itu, memakai investasi yang besar.

“Diharapkan dana tersebut tidak terlalu membengkak lagi, karena tambahan biaya untuk pembebasan lahan,” lanjutnya.

Dia mencontohkan, proyek kereta api bandara yang berjalan mulus adalah seperti jalur kereta api bandara di Bandara Kualanamu, Medan. Di sana banyak pihak terlibat untuk menuntaskan rencana tersebut.

Ke depan, MTI meminta pemerintah segera mengaktifkan jaringan rel kereta non-aktif di berbagai daerah. Di Sumatera Utara, misalnya, ada tujuh jaringan rel non-aktif sepanjang 179 kilometer (km). Berikutnya lima jaringan di Sumatera Barat sepanjang 87 km, delapan jaringan di Jawa Barat sepanjang 270 km, sembilan jaringan di Jawa Tengah sepanjang 525 km, dan 10 jaringan di Jawa Timur sepanjang 600 km.

“Jika jaringan rel nonaktif tersebut diaktifkan kembali, maka daerah tersebut bisa lebih intensif melayani penumpang perkeretaapian, termasuk kereta api bandara,” harapnya.

Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono memastikan kereta api bandara akan memiliki dua tahap, yaitu untuk jalur ekspres dan komuter. Yang komuter akan selesai pada 2014 mendatang.

Saat ini, menurutnya, pemerintah sedang menyelesaikan komponen kereta api tersebut, yaitu jalur ganda dari Duri-Tangerang yang tahun lalu sudah selesai. Kini yang tersisa tinggal mengurus masalah sinyal. Selanjutnya, ada jalur tembusan dari Batu Ceper ke bandara.

“Sekarang lagi tender di KAI. Nanti setelah ditentukan pemenangnya akan langsung dikerjakan selama delapan bulan,” kata Bambang.

Untuk investasi, pemerintah akan membantu di proyek jalur ganda dari Duri ke Tangerang. Untuk jalur Batu Ceper, pihak PT KAI yang melakukan pembangunannya. Sedangkan pembangunan stasiun di bandara adalah wewenang PT Angkasa Pura II.

Kereta api bandara yang menghubungkan Manggarai dengan Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten ini, akan beroperasi pada awal 2014. (Soed/Kcm)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Setelah Sebatik Merambah Pasar Taiwan hingga Belanda, Kini Giliran Sepatu Lokal ‘Dorks’ Diekspor ke Senegal

Berita Tangerang - Sepatu-sepatu lokal di Kabupaten Tangerang yang...

Kata Pejabat Kemenko Perekonomian dan Bank Indonesia soal Inflasi dan Digitalisasi di Banten

Berita Banten - Tim Pengendalian Inflasi Daerah atau TPID...

Emang Boleh Ada Bolen Selegit ‘Ovenin’ Buatan Sri?

Berita Tangerang - Sri Yuningsih memberikan garansi tentang keunggulan...

bank bjb Kembali Dipercaya Jadi Penempatan RKUD Kota Tangsel

Berita Tangsel - bank bjb kembali dipercaya sebagai tempat...