Peristiwa Lengkong Kembali Dikenang

Date:

Banten Hits.com-  Peristiwa Lengkong kembali dikenang di Taman Makam Pahlawan (TMP) Taruna, Jalan Daan Mogot, Kota Tangerang, Banten, Minggu (24/02/2013). Peristiwa Lengkong adalah peristiwa sejarah saat para pejuang kemerdekaan bertempur dengan pasukan Belanda. Peristiwa ini terjadi di Lengkong, Tangerang (kini Kota Tangerang Selatan).

Sejumlah masyarakat Tangerang tampak memenuhi TMP Taruna untuk memperingati peristiwa tersebut.Dalam peringatan Peristiwa Lengkong ke 67 ini, masyarakat bersama dengan veteran dan tentara melakukan kegiatan tabur bunga disekitar makam.

Acara tabur bunga dipimpin langsung oleh Panglima Kodam Jayakarta (Pangdam Jaya) Mayor Jenderal E.Hudawi Lubis. ” Kita harus tetap mengenang perjuangan para pahlawan untuk memberikan motivasi dalam mempertahankan kemerdekaan ini,” katanya.

Sementara itu, Wakil Walikota Tangerang, Arief Wismansyah mengatakan bahwa kegiatan tabur bunga ini dilakukan untuk mengenang jasa para pahlawan jasa yang telah berjuang melawan dan mempertahankan tanah air khususnya di wilayah Lengkong dari tangan penjajah saat itu.

Oleh karenanya menurut Arief, sebagai generasi penerus bangsa diharapkan terus mampu meneruskan perjuangan para pahlawan dalam membangun bangsa dan tanah air.

“Begitu gigihnya pahlawan kita dulu saat berperang mempertahankan tanah air ini. Makanya generasi muda sekarang ini harus tetap bersemangat dalam membangun bangsa dan tanah air ini” ujar M.Effendi (85) salah satu veteran Kota Tangerang yang ikut berperang melawan penjajah.

Tabur bunga memperingati Peristiwa Lengkong ini, diikuti oleh unsur TNI, Kepolisian, Veteran, Organisasi Pemuda dan Pelajar rutin dilakukan setiap tahunnya. (Ningrum)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Mengungkap Sebab Kantor Dagang VOC Pertama di Indonesia Didirikan di Banten

Berita Banten - Kapal-kapal dagang Belanda untuk pertama kalinya...

Hujan Mulai Basahi Bumi Banten, Pemprov Bersiap Percepat Musim Tanam Padi

Berita Banten - Pemerintah Provinsi atau Pemprov Banten bersiap...

Menyibak Masa 1696 di Jakarta; Warganya Telah Melek Aksara dan Banten Jadi Penyuplai Buku-buku Agama

Berita Banten - Ahkmat bin Hasba, seorang ulama menyampaikan...

Banteng Banten dalam Kisah Perempuan yang Ambisius Duduki Tahta Kerajaan

Berita Banten - Kronik sejarah Banten tak melulu mengisahkan...