KPU Gelar Bintek Pengelolaan Keuangan dan Raker Pemilukada di Twin Plaza

Date:

Banten Hits.com – KPU Kota Tangerang menggelar Bimbingan Teknis Pengelola Keuangan dan Rapat Kerja Penyelengara Pemilukada Walikota dan Wakil Walikota 2013. 

Pelaksanaan kegiatan itu sendiri dilangsungkan di Hotel Twin Plaza, Jl. S.Parman Kav 93-94, Slipi, Jakarta dan berlangsung selama 3 hari, terhitung sejak Jumat-hingga Minggu siang, (19-21/04/2013).

Banten Hits.com – KPU Kota Tangerang menggelar Bimbingan Teknis Pengelola Keuangan dan Rapat Kerja Penyelengara Pemilukada Walikota dan Wakil Walikota 2013. 

Pelaksanaan kegiatan itu sendiri dilangsungkan di Hotel Twin Plaza, Jl. S.Parman Kav 93-94, Slipi, Jakarta dan berlangsung selama 3 hari, terhitung sejak Jumat-hingga Minggu siang, (19-21/04/2013).

Menurut Ketua KPU Kota Tangerang, Syafriel Elain, Bintek ini bertujuan untuk memberikan pembekalan materi bagi para anggota PPK, PPS beserta sekretaris PPK dan PPS Kota Tangerang dalam rangka melaksanakan tugas penyelenggaraan Pemilukada Walikota dan Wakil Walikota Tangerang 2013. Pesertanya sendiri berjumlah sebanyak 91 orang yang berasal dari setiap PPK setiap kecamatan.

“Kita ingin melaksanakan Pemilukada di Kota Tangerang berlangsung dengan baik, karena beberapa anggota PPK dan PPS belum memiliki pengalaman dan pengetahuan yang mendalam mengenai penggunaan pemanfaatan dana hibah, sehingga Bintek ini sangat penting,” jelasnya saat dihubungi Banten Hits.com, Sabtu (20/04/2013).

Dalam Bintek itu sendiri, lanjut Syafriel diisi pemateri dari sejumlah instansi terkait, seperti KPU Propinsi, Disdukcapil, BPK, BPKP dan juga Inspektorat.

Berdasarkan informasi yang diperoleh, untuk materinya sendiri antara lain membahas tentang problematika pelaksanaan dan penyerapan anggaran, perkembangan penyelenggaraan pemilu dan belanja hibah, perkembangan penduduk dan pemilih, peran BPKP sebagai mitra, pengelolaan dan belanja hibah, mekanisme pengolahan dan laporan serta pertanggungjawaban belanja hibah.

Mengenai Bintek yang digelar di Hotel Twin Plaza, Jakarta, Syafriel beralasan karena tidak ada tempat yang refresentatif di Tangerang. “Kita sudah survei, tapi ternyata tidak ada yang bisa menampung peserta yang ikut acara bintek itu,” ujarnya.

Sebenarnya, lanjut Syafriel pihaknya sudah mensurvei ke sejumlah hotel, baik yang ada di Kota Tangerang, maupun Kabupaten Tangerang, seperti Hotel Aryaduta Lippo Karawaci, dan Narita, Cipondoh. Namun ternyata tidak ada yang pas.

“Kalau di Aryaduta harganya mahal dan tidak terjangkau. Sedangkan di Narita peserta tidak tertampung,” jelas Syafriel.

Kendati demikian, Syafriel tidak bisa memberikan keterangan terkait berapa besar anggaran yang dikeluarkan untuk kegiatan tersebut, dengan alasan bukan kewenanganya.

“Kalau untuk anggaran bukan kewenangan saya. Itu yang mengurus sekretaris,” kilahnya.

Namun Syafriel mengakui jika kegiatan itu memang dibiayai dari dana hibah yang diterima KPU untuk penyelenggaraan Pemilukada Kota Tangerang 2013. Selain itu, karena aspirasi dari anggota PPK yang menghendaki Bintek digelar di Hotel Twin Plaza, Jakarta. “Karena ada aspirasi dari bawah yang ingin Bintek digelar di Jakarta,” kata Syafriel.

Selain itu Syafriel juga mengungkapkan, para peserta Bintek diberikan fasilitas menginap di hotel tersebut. Namun menurutnya cuma dua hari.

“Kalau menginap hitungannya dua hari, dari Jumat malam sampai Minggu siang. Ini perlu saya tegaskan untuk menghindari mark up,” tegasnya. (soed)

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Ciptakan Pilkada Sehat, Bawaslu Kab. Serang Ajak Peserta Pemilihan Terapkan Protokol Kesehatan

Serang - Demi mewujudkan penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada)...

PTUN Kuatkan Putusan KPU Lebak Tolak Berkas Pasangan Cecep-Didin

Lebak- Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Banten menolak seluruh...

Ratusan Personel Siap Amankan Pilkada Lebak

Lebak - Wakapolres Lebak, Kompol Fredya Triharbakti mengatakan pihaknya...