Begini Isi Petisi Forum Seniman Banten

Date:

Banten Hits – Pegiat seni Banten yang tergabung dalam Forum Seniman Banten menyerahkan petisi soal banyaknya ketidakberesan yang terjadi di Disbudpar Banten kepada Plt Gubernur Banten Rano Karno pada Senin (8/06/2015).

Petisi ini disusun dimaksudkan untuk perbaikan masa depan seni, seniman, kebudayaan, dan dunia pariwisata Banten. Berikut isi lengkap petisi:

1. Salah satu tugas Disbudpar Banten adalah memfasilitasi seniman untuk pentas dalam pelbagai event yang mewakili kesenian dan kebudayaan Banten, sehingga kegiatan yang berurusan dengan kesenian dan kebudayaan haruslah melibatkan seniman. Dengan dibuatnya pementasan dadakan pada perhelatan Tong-Tong Fair di Belanda yang diinisiasi oleh pejabat terkait, mengindikasikan bahwa Disbudpar tidak profesional dan tidak memiliki agenda yang jelas. Padahal seperti yang kami ketahui, pementasan dari seniman Banten pada acara Tong Tong Fair telah teragendakan oleh pihak panitia. Atas kejadian tersebut kami mengecam keras perilaku Disbudpar Banten tersebut.

2. Perlu adanya keterbukaan dalam proses keterwakilan komunitas seni/seniman yang hendak difasilitasi Disbudpar (Audisi, lomba, dan seterusnya) sehingga tidak ada kesan komunitas seni/seniman tertentu saja mewakili Banten. Hal ini perlu dilakukan untuk menghilangkan dugaan-dugaan negatif. Kualitas estetis dan kekaryaan harus menjadi parameter utama dalam poin ini.

3. Alokasi anggaran bagi delegasi seniman harus jelas, transparan dan akuntabel.

4. Disbudpar harus melakukan koordinasi dengan pelaku seni dalam hal kegiatan kesenian dan mengakomodasi kegiatan-kegiatan komunitas yang memiliki kepedulian terhadap pengembangan kesenian dan kebudayaan Banten.

5. Harus ada penataan ulang personal Disbudpar mulai dari eselon 2,3, dan 4 sesuai dengan kompetensi dan profesionalitas dalam bidang seni Budaya dan pariwisata.

Demikian petisi ini dibuat untuk menjadi perhatian bagi masa depan pengembangan kesenian dan kebudayaan di Banten. Petisi ini merupakan gerakan kebudayaan dan tidak ada sangkut pautnya dengan kepentingan-kepentingan tertentu. (Uud)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Imbauan KASN untuk Tim Sukses Sekda Kabupaten Tangerang Moch Maesyal Rasyid

Berita Tangerang - Komisi Aparatur Sipil Negara atau KASN...

KASN Tegaskan Sekda Kabupaten Tangerang Dilarang Pendekatan ke Parpol Politik, Ini Aturannya!

Berita Tangerang - Sekretaris Daerah atau Sekda Kabupaten Tangerang,...