Dua Pantai di Lebak Butuh Life Guard Untuk Keselamatan Wisatawan

Date:

Banten Hits – Dua pantai yang merupakan objek wisata di Kabupaten Lebak dan menjadi destinasi bagi para wisatawan saat hari libur diakui sangat membutuhkan Life Guard. Dua pantai tersebut yakni Pantai Sawarna dan Pantai Bagedur.

Namun sayang, kendati sudah beberapa kali diusulkan oleh Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Lebak kebutuhan tersebut belum juga direalisasikan.

Padahal, keberadaan pengawasan pantai baik petugas yang terlatih maupun sarana penunjang penyelamatan dinilai sangat dibutuhkan, terlebih pada saat ramainya pengunjung seperti pada musim liburan.

“Sudah beberapa kali kita usulkan baik ke Kabupaten maupun Provinsi, tapi sepertinya memang belum bisa dipenuhi sampai sekarang,” kata Kabid Pariwisata Disporapar Lebak Oman Nurohman, kepada Banten Hits, Jum’at (24/7/2015), di Rangkasbitung.

Oman mengatakan, di Pantai Bagedur memang sudah terdapat Life Guard namun hanya di satu titik saja, sedangkan idealnya, petugas pengawasan pantai harus lebih dari satu titik.

“Minimal sekali itu ada di dua titik sektor barat dan timur, apalagi saat membludaknya wisatawan yang berkunjung saat hari libur seperti libur Lebaran kemarin,” jelasnya.

Tak hanya petugas pengawas yang nantinya berasal dari warga di masing-masing Desa tempat wisata pantai berada dan terlebih dahulu mendapatkan pelatihan penyelemat pantai, sarana dan fasilitas penyelamat juga bagian yang dinilai tak bisa dipisahkan.

“Alat pengeras yang digunakan untuk mengingatkan wisatawan kalau ada di luar area saat berenang, terus pelampung, dan Jet Ski termasuk pos pengawas,” terangnya.

Ia berharap, kebutuhan tersebut bisa dipenuhi oleh Pemerintah Daerah, dengan harapan keberadaan Life Guard nantinya bisa meminimalisir terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. (Uud)

 

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Bumi Tirtayasa, Tempat Healing Teranyar yang Bikin Segala Penat Ambyar..

Berita Serang - Namanya Bumi Tirtayasa. Memasuki kawasan ini...

Mau Liburan ke Wisata Pantai di Lebak? Balawista Bakal Jamin Keamanan dan Keselamatan Wisatawan

Berita Lebak- Kunjungan wisatawan ke destinasi wisata pantai di...

Sssttt….’Hidden Gem’ di Pelosok Lebak Dipamerkan di Cilograng Festival 10-26 November 2022

Lebak - Pemerintah Kecamatan Cilograng, Kabupaten Lebak menggelar Cilograng...