Penyelundupan Sirip Hiu Koboi lewat Bandara Soetta Tangerang Digagalkan

Date:

Banten Hits – Balai Besar Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Hasil Perikanan (BBKIPM) Bandara Soekarno Hatta Tangerang, menggagalkan upaya penyeludupan ratusan kilogram sirip ikan hiu jenis koboi yang akan dikirim ke Hongkong.

Untuk mengelabui petugas, para pelaku mencampur sirip ikan hiu tersebut dengan sirip ikan pari kering dan sirip ikan hiu jenis lanjaman.

Kabid Wasdal dan Informasi BBKIPM Bandara Soetta Tangerang, Rusnanto mengatakan, sebanyak 600 kg sirip ikan hiu jenis koboi dengan nama latin Carcharhius Longimanus, yang diperikarakan dari 3.000 ekor hiu hidup dari perairan Jawa berhasil diamankan petugas.

“Sirip ikan hiu jenis koboi merupakan salah satu hewan dilidungi dan dilarang pengelurannya seperti yang telah diatur dalam Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 59 Tahun 2014,” ungkap Rusnanto, Selasa (6/10/2015).

Rusnanto menjelaskan, penyeludupan sirip ikan hiu tersebut dilakukan PT SPJ dengan modus mencapur 600 kg sirip ikan hiu koboi dengan 999 kg sirip ikan pari kering dan 967 kg sirip ikan hiu lanjaman.

“Untuk penyelidikan petugas, sebanyak 1 ton lebih barang bukti untuk sementara kita tahan,” jelasnya.

Selain menyita sirip hiu koboi, petugas juga mengamankan satu orang pelaku berinisial J, yang bertanggung jawab atas ekspor ilegal tersebut.

“Semua barang bukti akan kita serahkan kepada Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan dan Kementerian Kelautan dan Perikanan untuk dilakukan identifikasi lebih lanjut,” ujarnya.(Rus)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Dua Parpol Pemilik Suara Besar di Banten Gelar Pertemuan Tertutup, Isyarat Koalisi Mencuat

Berita Banten - Partai Golkar dan Partai Gerindra yang...

Arahan Presiden Jokowi dalam Rakernas Kesehatan Nasional di Kabupaten Tangerang

Berita Banten - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri sekaligus...