Connect with us

BERITA KANDIDAT

MK Kukuhkan Kemenangan Airin-Benyamin

Published

on

Banten Hits – Mahkamah Konstitusi (MK) mengukuhkan kemenangan pasangan petahana Airin Rachmi Diany-Benyamin Davnie dalam Pilkada Tangsel 2015, setelah memutuskan menolak gugatan dua pasangan yang menjadi rival petahana, yakni pasangan nomor urut 1 Ikhsan Modjo-Li Claudia Candra dan nomor urut 2 Arsid-Elvier.

Wartawan Banten Hits Pramitha Noegroho melaporkan, dalam sidang pembacaan putusan yang digelar Kamis (21/1/2016) pukul 16.00 WIB, majelis hakim membacakan sekitar 23 perkara sengketa Pilkada. Sengketa Pilkada Kota Tangsel dibacakan dengan dua perkara sekaligus, yakni nomor perkara 98 yang diajukan Ikhsan Modjo-Li Claudia Candra dan perkara 107 yang diajukan Arsid-Elvier.

“Menyatakan, permohonan pemohon tidak dapat diterima,” tegas Ketua Hakim MK, Arief Hidayat sembari mengetuk palu putusan.

Dalam putusannya, Arief Hidayat mengemukakan alasan majelis menolak gugatan dua pasangan, yakni kedua paslon tersebut tidak memenuhi selisih suara maksimal sebagaimana yang diatur dalam Pasal 158 Undang-undang Nomor 8 Tahun 2015 dan Pasal 6 PMK 1-5 Tahun 2015.

Pasangan calon Ikhsan Modjo dan Li Claudia Candra hanya memperoleh suara 42.074, sementara pasangan calon Arsid-Elvier memperoleh suara 164.732. Jika dibandingkan dengan suara pemenang Pilkada Airin-Benyamin, memperoleh suara 305.322. Sehingga, selisih suara melebihi batas maksimal yang sudah diatur oleh Undang-undang yang berlaku. 

“Selisih Ikhsan Modjo-Li Claudia Candra sebesar 88.22 persen, dengan Arsid-Elvier sebesar 46.05 persen. Sedangkan batas maksimal selisih sebesar 0,5 persen dilihat dari jumlah penduduk Kota Tangsel sebesar 1.2 juta jiwa,” papar hakim.(Rus)

 

Trending