Menikmati Nasi Ulam “Bu Inong” yang “Terselip” di Pasar Lama

Date:

Anda pernah mendengar nasi ulam? Panganan ini sekarang memang sudah jarang ditemui, baik di Jakarta maupun Tangerang. Padahal awalnya, para pedagang nasi ulam banyak yang berjualan dengan gerobak dari Tangerang hingga kawasan Glodok. Mereka menjajakan nasi ulam untuk keturunan Indonesia Tionghoa. 

Karena sudah sulit lagi ditemui, wajarlah jika anak-anak muda sekarang banyak yang sudah tidak mengetahui tentang nasi ulam, yang merupakan panganan asli Betawi ini.

Meski sudah langka, namun beberapa pedagang nasi ulam masih bisa ditemui di Kawasan Tangerang. Salah satunya adalah nasi ulam yang dijajakan Bu Inong di sebuah gang di Kawasan Pasar Lama, tepatnya di Jalan Perintis 2, Pasar Lama, Kota Tangerang. 

Belum lama ini, wartawan Banten Hits Yogi Triandono berkesempatan mengunjungi nasi ulam Bu Inong dan menyicipi nasi ulamnya yang terkenal itu. Menurut Bu Inong, dirinya sudah lima tahun lebih berjualan nasi ulam ini. 

“Saya jualan tiap hari dari jam 3 sore sampe sehabisnya aja,” katanya.

Bu Inong menuturkan, nasi ulam sebenarnya memiliki dua jenis, yaitu nasi ulam basah dan nasi ulam kering. Yang membedakannya, nasi ulam basah disiram dengan kuah semur sementara nasi ulam kering tidak.

“Nasi ulam itu ada yang kering sama yang basah sebenernya, tapi saya jualnya yang kering,” ujarnya.

Nasi ulam yang dijajakan oleh Bu Inong ini, terbuat dari nasi yang ditaburi serundeng, timun, kemangi, irisan telur lengkap dengan semur jengkol dan juga sambal. Nasinya sendiri dimasak dengan berbagai macam rempah, seperti jahe, salam, pandan, batang sereh dan lengkoas yang pastinya akan menambah kelezatan nasi ulam ini.

Untuk menikmati panganan ini, Anda hanya cukup merogoh kocek Rp 10 ribu per porsi. Cukup murah bagi Anda yang ingin bernostalgia dengan panganan langka ini.

“Harganya terjangkau, satu porsi kita udah ngerasa kenyang. Baru pertama kali juga denger terus langsung nyobain ternyata enak,” ucap Dani (33), salah seorang pelanggan nasi ulam Bu Inong.

Bagi Anda yang penasaran, silakan segera datang. Selain nasi ulam, tentunya di Kawasan Pasar Lama ini Anda bisa memilih makanan lainnya yang dijual di sepanjang kawasan.(Rus)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Kehadiran Abaa Bakery Membuat Oleh-oleh Khas Kota Tangerang Lebih Warna-warni

Berita Tangerang - Bagi Anda penggemar makanan khas Tangerang,...

Mengenal Es Kembang Telang; Produk UMKM yang Kini Populer Jadi satu-satunya di Tangerang

Berita Tangerang - Es kembang telang mendadak ramai jadi...

Mencecap Kopi sambil Menikmati Suasana Khas Jawa di Kedai Kopi Taraka

Berita Tangerang - Suasana khas Jawa sangat kental terasa...

Buruan Merapat! Waroeng Steak and Shakes Buka Cabang di Jalan Ir. H. Juanda Ciputat, Persis Depan UIN

Berita Tangsel - Pionir restoran steak dengan harga terjangkau,...