Sachrudin: Lelang Cepat Solusi Percepatan Pembangunan

Date:

Kota Tangerang – Kantor Layanan Pengadaan Barang dan Jasa Kota Tangerang menggelar Forum Group Discussion (FGD) dengan Tema Implementasi Modernisasi Pengadaan Melalui Lelang Cepat dan Konsolidasi Lelang Cepat di Ruang Akhlakul Karimah, Rabu (02/03). 

Acara tersebut dihadiri 100 peserta yang terdiri dari para Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) serta Kelompok Kerja (Pokja) pengadaan barang dan jasa di lingkup Pemkot Tangerang.

Menurut Wakil Wali Kota Tangerang Sachrudin, banyak manfaat yang didapatkan dari proses percepatan kinerja melalui lelang cepat. Di sisi internal, pihaknya akan memiliki satu tahun penuh untuk bekerja tanpa diganggu proses administrasi pelelangan di tahun berjalan. Di sisi eksternal, seperti kontraktor misalnya, para pekerja lapangannya juga sudah bisa bekerja sejak awal tahun.

Selain itu, kata Sachrudin, pengadaan melalui e-lelang diharapkan dapat mendorong percepatan pengadaan barang dan jasa, sehingga kebutuhan barang dan jasa dalam upaya percepatan pembangunan dapat berjalan cepat serta tepat sesuai dengan yang telah direncanakan.  

“Selain mendukung percepatan pembangunan, upaya ini bagian dari peningkatan pelayanan sehingga masyarakat dapat senantiasa merasakan hasil-hasil pembangunan yang dilaksanakan oleh Pemkot. Ikuti FGD ini dengan sebaik-baiknya dan tanyakan kepada para narasumber jika masih ada yang kurang jelas,” kata Sachrudin.

Sementara itu, Kepala Kantor Layanan Pengadaan Barang dan Jasa Ayi Nuryadin memaparkan, FGD ini sebagai sarana untuk menyamakan persepsi antara Pejabat Pembuat komitmen PPK, Pokja serta stakeholder terkait pengadaan barang dan jasa, membahas permasalahan yang mungkin ada pada saat pelaksanaan pengadaan barang dan jasa serta mendapatkan solusi atas masalah yang dihadapi PPK, Pokja dan Kantor Layanan Pengadaan Barang dan Jasa.

Dengan demikian, diharapkan pengadaan barang dan jasa yang dilaksanakan  di Kota Tangerang  dapat sesuai dengan perundang-perundangan yang berlaku.

Ayi juga menjelaskan, terkait pengadaan barang dan jasa sampai saat ini rencana umum pengadaan barang dan jasa di Kota Tangerang itu sudah mencapai 590 paket dan yang sudah dilelangkan 309 paket. Lima (5) diantaranya melalui paket lelang cepat. Sedangkan untuk sisa yang belum dilelangkan, dirinya meminta kepada para PPK agar segera memasukkan Harga Perkiraan Sementara (HPS) kepada kami untuk kemudian segera dilelangkan.  

Adapun narasumber yang didatangkan pada FGD yaitu dari Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP), Patria E. Susanto, dan Afriandi Pohan dari Kementerian Pekerjaan Umum. Sedangkan untuk lelang cepat ini turut difasilitasi dengan Sistem Pengadaan Secara Elektronik (SPSE) v. 4. terbaru yang ada di bagian Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Kota Tangerang.(Humas Pemkot Tangerang)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Woro-woro! Kuota untuk Uji Lab Produk IKM Gratis di Kota Tangerang Masih Tersedia

Berita Tangerang - Pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) di...

Pemkot Banjir Aduan, Skenario Penataan Pasar Sipon Segera Disiapkan

Berita Tangerang - Skenario penataan Pasar Sipon yang berlokasi...