Pengawas Sekolah Punya Peran Penting Majukan Dunia Pendidikan di Kota Tangerang

Date:

Banten Hits – Pengawas sekolah mempunyai peran penting dalam meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), dengan memberikan bimbingan dan arahan kepada peserta didik maupun pelaku pendidikan, seperti Kepala Sekolah dan guru.

Tak hanya bertugas mengawasi, pengawas sekolah juga harus mampu memberikan masukan serta terobosan yang dapat meningkatkan kemampuan para pelaku pendidikan dalam memajukan pendidikan di Kota Tangerang.

Paparan tersebut disampaikan Walikota Tangerang Arief R Wismansyah saat membuka Pelatihan Peningkatan Kapasitas Aparatur Jabatan Fungsional Pengawas Sekolah, di lingkungan Pemerintahan Kota (Pemkot) Tangerang yang diadakan Badan Kepegawaian, Pendidikan, dan Pelatihan (BKPP) di Laboratorium Komputer BKPP, Lantai 4, Gedung Cisadane, Selasa (15/3/2016).

“Pengawas harus menjalankan fungsi dan tugasnya dalam bidang akademik, manajerial dan supervisinya demi mencapai kemajuan pendidikan, sehingga mampu bersaing diera Masyarakat Ekonomi Asean (MEA),” tutur Arief dihadapan 30 peserta pelatihan yang merupakan tenaga pengawas dari Taman Kanak-Kanak dan Sekolah Dasar yang ada di Kota Tangerang.

Walikota menyampaikan, pengawasan yang dilakukan dengan baik diharapkan kualitas pendidikan di Kota Tangerang semakin meningkat.

“Pengawas bukan hanya mengejar angka kredit, akan tetapi terus meningkatkan kualitas serta kapasitasnya,” jelas Arief.

Menurutnya, dengan kualitas para pengawas yang semakin mumpuni diharapkan, pendidikan sebagai salah satu jalan untuk meningkatkan kemampuan SDM pada taraf hidup yang semakin baik lagi di Kota Tangerang dapat terwujud.

“Budaya belajar serta memberikan pembelajaran hidup bermasyarakat harus terus dilakukan agar senantiasa ikut membangun Kota Tangerang. Dengan demikian,  ke depan diharapkan para generasi penerus di Kota Tangerang akan memiliki kemampuan, kompetensi dan kemandirian dalam menjalani hidup sebagai bekal di masa yang akan datang,” papar Walikota.

Khususnya dalam menghadapi MEA, Arief menjelaskan, dengan kesiapan yang telah dimiliki masyarakat, khususnya para generasi penerus Kota Tangerang, diharapkan segala tantangan yang ada dapat diatasi, lantaran telah memiliki kemandirian dan keahlian untuk dapat menciptakan lapangan pekerjaan sendiri.

“Para pengawas juga harus terus belajar dan perbarui pengetahuan,” pesan Walikota.

Dengan pelatihan tersebut, Pemkot Tangerang mengharapkan semakin memperkaya wawasan dan pengetahuan terkait kebijakan Pemerintah, meningkatkan kompetensi serta hasil yang didapat dari pelatihan tersebut bisa disampaikan kepada para peserta didik dan pelaku pendidikan di Kota Tangerang.

Pelatihan akan berlangsung selama tiga hari, 15-17 Maret 2016, dengan menghadirkan beberapa narasumber, salah satunya Direktur Pembinaan Tenaga Didik Pendidikan Dasar Menengah Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.(ADVERTORIAL)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Kalian Pendatang Baru di Kota Tangerang dan Ingin Urus Pindah Domisili? Simak Info Resmi Ini!

Berita Tangerang - Buat kalian warga pendatang baru di...

Woro-woro! Kuota untuk Uji Lab Produk IKM Gratis di Kota Tangerang Masih Tersedia

Berita Tangerang - Pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) di...

Pemkot Banjir Aduan, Skenario Penataan Pasar Sipon Segera Disiapkan

Berita Tangerang - Skenario penataan Pasar Sipon yang berlokasi...