Walikota : Percantik Kota Dengan Budaya Akhlakul Karimah

Date:

Banten Hits – Ikatan Pendidikan Alquran (IPQ) Kota Tangerang, Minggu (27/3/2016) menggelar Gerakan Aneka Lomba Islami. Kegiatan yang diikuti oleh ratusan peserta yang berasal dari Taman Kanak-Kanak Alquran (TKQ) dan Taman Pendidikan Alquran (TPQ) tersebut, dilaksanakan di pelataran Masjid Al Azhom, Kota Tangerang.

Walikota Tangerang Arief R. Wismansyah yang hadir dan membuka acara tersebut berpesan, agar kegiatan perlombaan tersebut bisa dijadikan momentum syiar Islam kepada masyarakat secara luas.

“Melalui kegiatan ini mari kita tunjukkan budaya dan nilai Islam yang rahmatan lil alamin,” pesan Arief

Kata Arief, sejalan dengan visi Kota Tangerang untuk menjadikan Kota ini sebagai Kota Akhlakul Karimah. Dan untuk itu, tidak cukup hanya melalui ucapan, tapi perlu diimplementasikan di kehidupan sehari-hari.

“Contohnya, bisa melalui hal kecil dengan membuang sampah pada tempatnya, atau menjaga kebersihan lingkungan. Makanya, saya berpesan kepada adik-adik habis jajan sisa bungkus jajanannya dibuang di tempat sampah ya,” serunya.

Walikota menjelaskan, nilai-nilai Akhlakul Karimah yang menjadi nafas pembangunan di Kota Tangerang seharusnya bisa membudaya di kalangan masyarakat, sehingga timbul rasa malu ketika bertindak yang tidak sesuai dengan nilai-nilai Akhlakul Karimah tersebut.

“Budaya Akhlakul Karimah ini selain bisa mempercantik diri kita, juga bisa mempercantik kota kita,” jelasnya.

Menurutnya, di dalam Akhlakul Karimah terkandung nilai-nilai yang mengharuskan masyararakat untuk peduli terhadap lingkungan sekitar. Untuk itu, tanggung jawab untuk menciptakan Kota Tangerang yang nyaman menjadi tanggung jawab semua komponen masyarakat Kota Tangerang. Nilai-nilai Akhlakul Karimah juga harus ditanamkan sedini mungkin, dan dimulai dari lingkungan rumah tinggal.

“Orang tua sangat berperan dalam perkembangan anak, baik dari sisi fisik maupun psikis, oleh karenanya orang tua juga harus menjadi tauladan bagi anaknya, dengan mengajarkan dari hal kecil terlebih dahulu, buang sampah pada tempatnya atau hal lain,” paparnya.

“Tantangan saat ini, dengan perkembangan teknologi informasi, akan semakin berat, jangan sampai anak kita salah mengambil teladan buat dijadikan idola,” sambung Walikota.

Sementara itu, Zaenal Arif selaku Ketua Panitia Lomba menyampaikan, bahwa lomba tersebut terbagi dalam dua kategori. Kategori pertama lomba tingkat TKQ yang meliputi cabang lomba menari Islam, gerak Jalan, hafalan surat pendek, hafalan doa, mewarnai dan busana Muslim, serta kategori kedua yaitu lomba tingkat TPQ yang meliputi lomba Marawis, gerak jalan, Adzan, Pildacil, Murattal, Kaligraphy Islam, Fashion Show Islam, dan hafalan surat serta doa harian.(ADVERTORIAL)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Kalian Pendatang Baru di Kota Tangerang dan Ingin Urus Pindah Domisili? Simak Info Resmi Ini!

Berita Tangerang - Buat kalian warga pendatang baru di...

Woro-woro! Kuota untuk Uji Lab Produk IKM Gratis di Kota Tangerang Masih Tersedia

Berita Tangerang - Pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) di...

Pemkot Banjir Aduan, Skenario Penataan Pasar Sipon Segera Disiapkan

Berita Tangerang - Skenario penataan Pasar Sipon yang berlokasi...