Rakor Bank Indonesia, Walikota Paparkan Smart City

Date:

Kota Tangerang – Secara global, kota-kota di dunia dihadapkan pada perubahan serta perkembangan yang setiap waktu. Salah satunya, pertumbuhan penduduk, perkembangan teknologi dan lain sebagainya.

Perubahan tersebut tentunya harus diikuti dengan perencanaan yang cepat dan tepat, terutama bagi daerah-daerah yang menjadi sasaran Urbanisasi. Hadirnya konsep Kota Cerdas atau Smart City, tentunya menjadi salah satu alternatif penyelesaian dalam mengatasi persoalan tersebut.
 
Seperti halnya Kota Tangerang. Segala perubahan yang terjadi demikian pesatnya terus diupayakan melalui perencanaan dan pengelolaan kota secara matang serta terintegrasi.

Hal tersebut disampaikan Walikota Tangerang Arief R. Wismansyah, saat menjadi salah satu pembicara dalam Rakor Bank Indonesia dengan Pemerintah Daerah di Hotel Allium, Kota Tangerang, Kamis (21/4/2016).

“Pemerintah Kota Tangerang terus berupaya menata Kota agar senantiasa dapat memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat Kota Tangerang,” kata Arief.

Penataan kota mulai dari pembentukan Dinas Komunikasi dan Informatika, Penetapan Platform Aplikasi, Layanan Pengadaan Sistem Elektronik (LPSE), Perekrutan CPNS Programmer, Integrasi Aplikasi, Jaringan Area Luas atau Wide Area Network (WAN), Aplikasi Transaksional, Front Office Kantor Kelurahan, Dashboard Aplikasi hingga Tangerang Live Room (TLR) sebagai upaya untuk menjawab berbagai kebutuhan serta perubahan dengan berbasis pada Konsep Smart City.

Menurutnya, kehadiran Tangerang Live Room (TLR) merupakan salah satu solusi untuk mengatasi persoalan kota dan menjadikan Kota Tangerang semakin layak huni, investasi, kunjung dengan pemanfaatan teknologi yang dapat mengintegrasikan, memonitoring serta melaporkan berbagai informasi dengan cepat dan tepat. 

“TLR adalah pusat kendali, monitoring, media informasi dan evaluasi serta pelaporan dan layanan bagi masyarakat. Salah satu upaya Pemkot Tangerang untuk mengatasi persoalan kota,” jelas Walikota.

Arief menyampaikan, pada dasarnya, penerapan Smart City bukan semata berkompetisi dengan daerah lain. Namun, bagaimana mengefektifkan dan mengefisiensikan segala perangkat yang ada untuk semakin memudahkan pekerjaan dan memberikan kemudahan kepada masyarakat.

“TLR dan pemanfaatan berbagai perangkat lainnya tak lain sebagai upaya untuk wujudkan Kota Tangerang yang semakin minim dari segala persoalan kota dan membuat masyarakat semakin mudah dan nyaman dalam beraktivitas,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten, Budi Hartato Setyawan menuturkan, rakor terssebut merupakan sebuah forum yang berfungsi untuk menyeleraskan pemikiran serta pandangan Bank Indonesia sebagai otoritas fiskal dalam rangka mendorong perekonomian, baik secara nasional maupun regional.

“Dengan mengusung tema perkembangan dan strategi Pemerintah Daerah menuju Smart City melalui perluasan elektronifikasi, kami harapkan dapat memberikan gambaran  secara lebih jelas mengenai Konsep Smart City yang salah satunya didukung oleh sistem elektronifikasi. Dengan harapan, dapat mendukung upaya pencapaian Smart City serta terbentuknya masyarakat less cash money atau penggunaan uang tunai yang berkurang,” papar Budi.

Kenapa menghadirkan Kota Tangerang?
 
Tangerang Raya memegang peranan penting dalam perekonomian di Provinsi Banten. Diantaranya adalah sebagai pusat industri, jasa dan perdagangan. Selain itu, Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Tangerang Raya memiliki kontribusi yang cukup besar yaitu sekitar 58% terhadap PDRB Banten.

“Kota Tangerang adalah salah satu kota yang ada didalamnya dan salah satu kota yang telah merintis Konsep Smart City di Provinsi Banten dengan pergerakan harga Kota Tangerang juga berpengaruh signifikan terhadap inflasi Banten dengan bobot sekitar 72%,” ungkap Budi.

Ia mengharapkan, dengan dukungan yang kuat khususnya dari Pemerintah Daerah di Tangerang Raya, masyarakat dan pihak terkait, menjadi modal konsep ini dapat terwujud yang nantinya dapat dikembangkan di daerah lain di Provinsi Banten guna mengatasi berbagai persoalan yang ada.(Humas Kota Tangerang)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related