6 Puskesmas di Lebak Jalani Akreditasi

Date:

Banten Hits – Enam Puskesmas di Kabupaten Lebak saat ini tengah menuju akreditasi. Proses akreditasi tersebut akan berlangsung selama 9 bulan sejak bulan April 2016.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lebak, Maman Sukirman, kepada Banten Hits, kemarin, mengatakan, enam Puskesmas tersebut diantaranya, Puskesmas Rangkasbitung, Mandala, Leuwidamar, Maja, Pajagan, dan Puskesmas Cimarga.

Maman menjelaskan, akreditasi tersebut sesuai dengan Permenkes No 75 tahun 2014 tentang Pengakuan terhadap Puskesmas yang diberikan oleh Lembaga Independen Penyelenggaraan Akreditasi yang ditetapkan oleh Menteri Kesehatan setelah menilai bahwa Puskesmas telah memenuhi standar pelayanan untuk meningkatkan mutu pelayanan secara berkesinambungan.

“Ini untuk pembinaan peningkatan mutu kinerja melalui perbaikan yang berkesinambungan terhadap sistem peningkatan mutu dan sistem penyelenggaraan pelayanan kesehatan,” kata Maman.
 
Pasalnya, kata dia, sesuai Permenkes No 46 Tahun 2015, akreditasi Puskesmas wajib dilaksanakan oleh Puskesmas didukung oleh Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah sebagai penunjangh lancarnya proses akreditasi tersebut.

“Tahun ini Dinas Kesehatan memfasilitasi 6 puskesmas menuju akreditasi dalam bentuk pendampingan yang dilakukan oleh tim pendamping agar mutu pelayanan di Puskesmas, mulai dari administrasi dan manajemen, kegiatan Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) dan mutu kegiatan Upaya Kesehatan Perseorangan (UKP) bisa lebih meningkat,” paparnya.

Sehingga lanjut dia, tidak ada lagi keluhan dari masyarakat soal buruknya pelayanan yang diberikan Puskesmas.

“Masyarakat bisa terlayani dengan baik nantinya,” imbuhnya.(Nda)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Jumat Curhat Polda Metro Jaya di Legok; Cara Humanis Polsek Legok Ciptakan Kamtibmas dan Dekatkan Diri ke Warga

Berita Tangerang - Kejahatan jalanan dan kenakalan remaja menjadi...

Respons Aduan Warga, KASN Lakukan Analisa dan Akan Minta Klarifikasi Sekda Kabupaten Tangerang

Berita Tangerang - Komisi Aparatur Sipil Negara atau KASN...

Sekda Kabupaten Tangerang Dilaporkan Warga Sukamulya ke KASN terkait Dugaan Pelanggaran Etik ASN

Berita Tangerang - Sekretaris Daerah atau Sekda Kabupaten Tangerang,...

Digugat Warga dan ‘Diminta’ Pengembang, Bagaimana Nasib 24 Aset Milik Pemkab Tangerang Sekarang?

Berita Tangerang - Sedikitnya 24 aset Pemkab Tangerang saat...