Cerita Toyota Land Cruiser Bos Tangcity dalam Dua Pilkada Wahidin Halim

Date:

Banten Hits – Wahidin Halim, mantan Wali Kota Tangerang dua periode 2003-2008 dan 2008-2013 yang kini menjabat Wakil Ketua Komisi II DPR RI, dipastikan akan bertarung kembali dalam Pilgub Banten 2017 mendatang, melanjutkan ambisinya yang kandas pada Pilgub 2011 lalu.

Dalam dua pilkada terakhir yang diikuti WH–sapaan populernya Wahidin Halim–yakni tahun 2011 saat mengikuti Pilgub berpasangan dengan Irna Narulita dan tahun 2008 saat menyalonkan kembali menjadi wali kota Tangerang untuk kedua kalinya berpasangan dengan Arief R. Wismansyah, mobil Toyota Land Cruiser VX built up keluaran Australia merupakan teman setia WH setiap menggelar kampanye.

Mobil mewah tersebut merupakan milik Yogi Yogaswara, Bos Tangerang City (Tangcity) yang menjabat sebagai salah satu direktur PT Panca Karya Griyatama, pengembang kawasan bisnis Tangerang City. Seperti diketahui, kawasan bisnis tersebut menggusur pasar tradisional Cikokol. Kelak, setelah penggusuran, pedagang Pasar Cikokol direlokasi ke Pasar Babakan yang dibangun di atas tanah milik Kementerian Hukum dan HAM.

Sumber Banten Hits di internal Tangerang City menyebut, mobil mewah itu dipinjamkan Yogi Yogaswara kepada Wahidin Halim. Pada 2008 saat WH kampanye Pilkada Kota Tangerang untuk yang kedua kalinya, mobil tersebut bercat krem. Namun, entah kenapa, mobil tersebut kemudian dicat hitam saat kembali digunakan WH untuk mengikuti kampanye Pilgub Banten 2011 lalu.

“Saya lupa plat nomornya. Waktu itu saya yang nganterin mobilnya lewat pintu belakang (rumah WH) yang banyak pohon. Pulangnya saya naik angkot,” terang sumber yang identitasnya minta dirahasiakan.

“Sebelum-sebelumnya mobil itu memang sering dipakai (WH), cuma gak pernah keliatan di jalan. Kan waktu itu kalau gak salah dia pakai (Toyota) Prado mobil dinasnya. Waktu rapat di Puncak sama saya dia pakai Prado Hitam itu,” sambung sumber sambil menjelaskan, rapat di Puncak yang disebutnya dihadiri WH itu untuk membahas pengelolaan Pasar Babakan oleh PT Panca Karya Griyatama.

Meski dipakai WH sejak 2008, Toyota Land Cruiser VX itu pernah dikembalikan dalam kondisi tak terawat dipenuhi lumut saat WH akan mengikuti Pilgub Banten 2011. Mobil tersebut kemudian diperbaiki dan kembali digunakan WH.

Namun, mobil mewah tersebut kini tidak diketahui lagi keberadaannya. Pada kurun 2014-2015, mobil itu pernah dikembalikan ke Yogi Yogaswara, namun sejumlah pegawai bengkel di bengkel mobil pribadi Yogi Yogaswara menyebutkan tak pernah lagi melihat mobil itu di bengkel yang mereka kelola itu.

“Ada yang bilang mobil itu mungkin dijual karena orang bengkel sudah tak pernah melihat lagi,” ucap sumber.

Penggunaan mobil Toyota Land Cruuiser VX dalam dua kali pilkada yang diikuti WH pernah diakui salah seorang mantan tim pemenangan Wahidin Halim di lingkup Pemkot Tangerang. 

“Saya sering melihat mobil tersebut. Cuma saya gak fokus ke situ, karena tugas saya (di tim pemenangan WH) soal strategi pemenangan mendampingi tim survei,” kata sumber yang juga menolak identitasnya disebut medio Mei 2016.

Yogi Yogaswara tak merespon upaya konfirmasi yang diajukan Banten Hits lewat WhatsApp akhir Juni 2016 lalu. Begitupun telepon Banten Hits tak pernah dijawabnya. Namun, dalam sebuah kesempatan wawancara by phone, Yogi Yogaswara membantah seluruh dokumen dan keterangan terkait Pasar Babakan dalam pemberitaan Banten Hits.

Pun demikian dengan Wahidin Halim. Upaya konfrimasi yang diajukan Banten Hits lewat staf ahli dan pengacara keluarganya tak pernah mendapat tanggapan.(Rus)

 

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Respons Aduan Warga, KASN Lakukan Analisa dan Akan Minta Klarifikasi Sekda Kabupaten Tangerang

Berita Tangerang - Komisi Aparatur Sipil Negara atau KASN...

Sekda Kabupaten Tangerang Dilaporkan Warga Sukamulya ke KASN terkait Dugaan Pelanggaran Etik ASN

Berita Tangerang - Sekretaris Daerah atau Sekda Kabupaten Tangerang,...

Digugat Warga dan ‘Diminta’ Pengembang, Bagaimana Nasib 24 Aset Milik Pemkab Tangerang Sekarang?

Berita Tangerang - Sedikitnya 24 aset Pemkab Tangerang saat...

Sepanjang 3-15 April 2024, Jumlah Penumpang di Terminal Poris Plawad Mencapai 1.000 Orang Per Hari

Berita Tangerang - Sepanjang 3-15 April 2024 atau selama...