HUT RI, Warga Gerem Cilegon Kibarkan Bendera Setengah Tiang

Date:

Banten Hits – Disaat bendera merah putih berkibar di ujung tiang rumah-rumah warga, perkantoran, dan tempat-tempat lainnya dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI. Pemandangan tersebut justru berbeda dengan bendera yang dipasang warga, di Kelurahan Gerem, Kecamatan Grogol, Kota Cilegon, Rabu (17/8/2016).

Sebuah bendera merah putih yang dipasang pada sebuah tiang dengan latar belakang puing-puing bangunan di wilayah tersebut, justru dipasang setengah tiang.

Sri Hastuti, salah seorang warga mengaku, pemasangan bendera yang menyimbolkan rasa berkabung tersebut sengaja dipasang sebagai bentuk keprihatinan terhadap Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon, yang dianggap menindas masyarakat kecil dengan cara merobohkan bangunan yang sudah berpuluh-puluh tahun ditempati warga Kramat Raya dan Cikuasa Pantai, Kelurahan Gerem.

”Sedih melihat orang-orang saat bisa merayakan hari kemerdekaan dengan suka cita. Tapi, berbeda dengan kami yang justru masih merasakan penindasan,” tutur Sri.

Sri yang juga mendirikan tenda alakadarnya sebagai tempat tinggal bersama keluarganya mengaku, tak tahu akan berapa lama hidup di antara puing-puing bangunan.

”Kami bukan tidak mau digusur, tapi bukan seperti itu caranya. Kami juga bingung mau kemana setelah bangunan hancur dirobohkan,” keluhnya.

Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, ia dan anggota keluarganya terpaksa mengumpulkan sisa-sisa material bongkaran yang bisa untuk dijual. Salah satunya seperti batu bata yang ia hanya bisa jual seharga dua ratus rupiah per buah.

Hal senada diungkapkan warga lainnya, Yanto. Pembongkaran membuat ia kehilangan mata pencaharian, lantaran usaha tambal ban miliknya juga ikut rata dengan tanah.

”Pemkot hanya bisa main bongkar saja, tapi tidak memberikan solusi kepada kami,” kata Yanto dengan nada kesal.(Nda)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Respons Aduan Warga, KASN Lakukan Analisa dan Akan Minta Klarifikasi Sekda Kabupaten Tangerang

Berita Tangerang - Komisi Aparatur Sipil Negara atau KASN...

Sekda Kabupaten Tangerang Dilaporkan Warga Sukamulya ke KASN terkait Dugaan Pelanggaran Etik ASN

Berita Tangerang - Sekretaris Daerah atau Sekda Kabupaten Tangerang,...

Digugat Warga dan ‘Diminta’ Pengembang, Bagaimana Nasib 24 Aset Milik Pemkab Tangerang Sekarang?

Berita Tangerang - Sedikitnya 24 aset Pemkab Tangerang saat...

Sepanjang 3-15 April 2024, Jumlah Penumpang di Terminal Poris Plawad Mencapai 1.000 Orang Per Hari

Berita Tangerang - Sepanjang 3-15 April 2024 atau selama...