Connect with us

EKONOMI & BISNIS

Pelabuhan Cilegon Mandiri Bangun Pelabuhan Berstandar Internasional

Published

on

Banten Hits – PT Pelabuhan Cilegon Mandiri (PCM) membangun Pelabuhan Warnasari. Pelabuhan yang dibangun di atas lahan seluas 45 hektar ini merupakan pelabuhan dengan skala dan berstandar internasional.

Direktur Utama PT PCM, Jamhari Hamid mengatakan, pembangunan Pelabuhan Warnasari merupakan upaya dalam meningkatkan nilai investasi, terutama pada bidang kemaritiman.

“Dengan konsep all weather terminal yang akan diterapkan pada Pelabuhan Warnasari tentu dapat mengantisipasi kendala cuaca yang menyebabkan, kapal sulit sandar saat di pelabuhan,” kata Jamhari, dihadapan pelaku usaha maritim di ruang Cendrawasih, Hotel SKI Cilegon, Rabu (24/8/2016).

Sarana dan prasana yang tersedia di dalam pelabuhan, akan menunjang kelancaran dalam kegiatan bongkar muat kapal. Hal ini, karena ekspor dan impor pada jalur Selat Sunda yang mempunyai kapasitas yang cukup besar.

“Infrastruktur pelabuhan dibangun secara maksimal berdasarkan desain yang telah dibuat sebelumnya, sehingga memudahkan pengguna jasa dan pelaku usaha kemaritiman,” terang Jamhari.

Jamhari menjelaskan, sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), PT PCI ingin mewujudkan terminal yang ultimate, dan mampu melampaui terminal yang ada, termasuk membangun SPBU laut.

“Jadi kapal tidak perlu lagi mengisi bahan bakar ke luar daerah,” ujarnya.

Dengan menggandeng lembaga pendidikan kemaritiman lokal maupun internasional, diharapkan mendapat Sumber Daya Manusia (SDM) yang mumpuni dan berkualitas.

“Kami berkomitmen membangun perusahaan ini untuk terus berkembang dan menciptakan pertumbuhan perekonomian yang bertambah,” jelas Jamhari.

Wali Kota Cilegon, Tb Iman Aryadi mengatakan, Pemkot Cilegon terus berupaya meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat dengan mengembangkan potensi daerah. Menurutnya, pembangunan pelabuhan sangat penting, mengingat industri yang berada di kota yang berjuluk Kota Baja termasuk industri besar.

“Pelabuhan Warnasari ini agar perekonomian daerah diperkuat dari potensi kepelabuhanan, dan dampaknya dirasakan masyarakat. Jadi, kalau kalangan usaha dan agen pelayaran percaya dengan PCM, bisa dipastikan nilai manfaatnya akan lebih besar,” paparnya.(Nda)

Facebook

Trending