Asyik, Sekarang di Lebak Ada Empat Puskesmas Rawat Inap

Date:

 

Banten Hits – Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya meresmikan empat puskesmas dengan tempat perawatan (DTP) alias puskesmas rawat inap. Empat puskesmas tersebut baru saja selesai dibangun Pemerintah Kabupaten Lebak guna mewujudkan Lebak sehat 2019.

Peresmian empat puskesmas rawat inap dipusatkan di halaman Kantor Kecamatan Cijaku, Selasa (27/12/2016), sekaligus meresmikan ruas jalan Rangkasbitung-Malingping dengan panjang 69.600 Kilometer yang juga rampung dikerjakan.

“Empat puskesmas tersebut di antaranya Sajira, Cijaku, Bojongmanik dan Cipanas,” kata Iti kepada awak media.

Menurutnya, peresmian ini juga sebagai bentuk konkret Pemkab Lebak untuk menyukseskan Lebak sehat 2019. Diharapkan, masyarakat Lebak bisa berperilaku sehat. Dengan dibangunnya puskesmas ini, kunjungan masyarakat di RSUD Adjidarmo juga bisa diminimalisir.

“Kalau di setiap wilayah ada puskesmas DTP kan masyarakat tidak harus jauh-jauh pergi ke RSUD adjirdarmo untuk mendapatkan tindakan pertama,” ungkapnya.

Selain meresmikan empat puskesmas rawat inap, kata Iti, pemerintah pusat juga meluncurkan gerakan hidup sehat (germas) agar masyarakat berperilaku hidup sehat, menciptakan lingkungan bersih serta mengkonsumsi sayur dan buah. 

“Mari kita dukung prioritas pembangunan kesehatan pemerintah pusat melalui program Indonesia sehat dengan pendekatan keluarga sebagai ujung tombak dalam memperbaiki perilaku hidup sehat,” imbuhnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lebak Maman Sukirman menjelaskan, dalam meningkatkan kesehatan masyarakat serta menurunkan angka kematian harus ditunjang infrastruktur yang memadai.

“Sarana prasarana baik pembangunan fisik maupun alat kesehatan terus dilakukan peningkatan secara bertahap. Tahun 2003 Kabupaten Lebak memiliki 33 puskesmas. Tahun 2013 bertambah menjadi 40 puskesmas dan tahun 2016 menjadi 42 puskesmas,” tuturnya.

“Tahun 2017 sebanyak tiga puskesmas akan ditingkatkan statusnya menjadi puskesmas DTP,” tambahnya. (Rus)

 

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Jumat Curhat Polda Metro Jaya di Legok; Cara Humanis Polsek Legok Ciptakan Kamtibmas dan Dekatkan Diri ke Warga

Berita Tangerang - Kejahatan jalanan dan kenakalan remaja menjadi...

Respons Aduan Warga, KASN Lakukan Analisa dan Akan Minta Klarifikasi Sekda Kabupaten Tangerang

Berita Tangerang - Komisi Aparatur Sipil Negara atau KASN...

Sekda Kabupaten Tangerang Dilaporkan Warga Sukamulya ke KASN terkait Dugaan Pelanggaran Etik ASN

Berita Tangerang - Sekretaris Daerah atau Sekda Kabupaten Tangerang,...

Digugat Warga dan ‘Diminta’ Pengembang, Bagaimana Nasib 24 Aset Milik Pemkab Tangerang Sekarang?

Berita Tangerang - Sedikitnya 24 aset Pemkab Tangerang saat...