Sistem Akuntabilitas Kinerja Pemkab Lebak Dapat Nilai B

Date:

Lebak – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) memberikan nilai B untuk Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (Sakip) Kabupaten Lebak.

Rapor Sakip diserahkan Menpan RB, Asman Abnur kepada Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya, saat penyerahan evaluasi Sakip Wilayah I (Sumatera, Banten dan Jawa Barat), di Bandung, Rabu (25/1/2017).

“Hasil evaluasi Sakip pada tahun 2016 menunjukkan peningkatan pada tahun sebelumnya. Tahun ini, rata-rata nilai evaluasi kabupaten/kota 49,87 persen, meningkat 2,95 poin,” kata Asman.

Meski terjadi peningkatan, namun namun rata-rata kabupaten/kota pada tahun 2016 masih di bawah 50 atau mendapat nilai C dan 425 kabupaten/kota atau 83% dari total seluruh kabupaten/kota masih mendapat nilai di bawah B.

“Rendahnya tingkat akuntabilitas kabupaten/kota dikarenakan empat permasalahan utama, yakni sasaran yang ditetapkan tidak berorientasi pada hasil, ukuran keberhasilan tidak jelas dan terukur, kegiatan yang ditetapkan tidak berkaitan dengan sasaran, dan rincian kegiatan tidak sesuai dengan maksud kegiatan,” jelasnya.

Permasalahan tersebut menciptakan inefisiensi penggunaan anggaran pada instansi pemerintah. Jika mengacu pada hasil evaluasi dan berdasarkan data yang telah dihitung, terdapat potensi pemborosan minimal 30% dari APBN/APBD di luar belanja pegawai setiap tahunnya.
 
“Angka tersebut setara dengan nilai kurang lebih 392,87 Triliun rupiah,” tambahnya.

Sementara, Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya menyampaikan, akan terus menyerukan kepada organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik, dan berkomitmen menunjang visi misi bupati dan wakil bupati dimana terdapat keselarasan antara program perangkat daerah dengan visi misi dimaksud serta berupaya menerapkan money follow program sebagai dasar penggunaan anggaran.

“Sakip yang selama ini dianggap sebagai kumpulan dokumen semata ternyata mempengaruhi efektivitas dan efisiensi penggunaan anggaran negara/daerah yang pada hakikatnya adalah dana yang terkumpul dari rakyat,” katanya.(Humas Pemkab Lebak)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Pemkab Lebak Kirim Bantuan Rp300 Juta untuk Korban Gempa Cianjur

Berita Lebak- Pemerintah Kabupaten Lebak menyalurkan bantuan untuk penanganan...

Ditertibkan Secara Humanis, Ini Pesan untuk Para PKL di Jalan Kisamaun dan MT Haryono: Jangan Salah Paham!

Berita Kota Tangerang- Petugas gabungan, Satpol PP, Trantib Kecamatan,...

Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kab. Lebak Terbaik ke 3 di Banten

Berita Lebak- Pemerintah Kabupaten Lebak meraih peringkat terbaik ke...

Indeks Reformasi Hukum Kabupaten Lebak 2022 Paling Baik di Banten, Empat Hal Ini yang Jadi Penilaiannya

Berita Lebak- Indeks Reformasi Hukum atau IRH Kabupaten Lebak...