Indo Barometer: Quick Count Pilgub Banten Dimungkinkan Berbeda dengan Real Count KPU

Date:

Tangerang – Salah satu lembaga survei yang melakukan hitung cepat di Pilgub Banten 2017, Indo Barometer memastikan tak bisa menentukan pemenang Pilgub Banten berdasarkan hitung cepat (quick count) yang sudah selesai 100 persen.

 

Hasil hitung cepat Indo Barometer pada pemilihan gubernur dan wakil  gubernur Provinsi  Banten 15 Februari 2017 menemukan, pasangan Wahidin Halim-Andika Hazrumy memperoleh suara sebesar 50.53% dan pasangan Rano Karno-Embay Mulya Syarif memperoleh suara sebesar 49.47% dengan total suara masuk sebesar 100%.

“Surat suara tidak sah sebesar 2.76% dan tingkat partisipasi suara (Vote Turn Out) sebesar 62.5%,” terang Direktur Eksekutif Indo barometer Muhammad Qodari lewat siaran pers yang diterima Banten Hits, Kamis (16/2/2017).

“Melihat hasil tersebut, pasangan calon Wahidin Halim–Andika Hazrumy dan pasangan Rano Karno-Embay Mulya Syarif bersaing kuat dalam kisaran margin of error 1%. Selisih suara antara pasangan Wahidin Halim-Andika Hazrumy dengan pasangan Rano Karno-Embay Mulya Syarif sebesar 0.53%, sehingga belum bisa disimpulkan siapa pemenang pilkada provinsi Banten,” tambahnya.

Qodari menambahkan, dengan selisih yang berada dalam kisaran margin of error 1% masih sangat memungkinkan hasilnya akan berbeda dengan hasil real count KPU Provinsi Banten.

“Untuk menentukan siapa pemenang pilkada Banten harus menunggu keputusan resmi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Banten,” terangnya.

Sebelumnya, Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanudin Mubtadi menegaskan, dua kandidat Pilgub Banten 2017 tak bisa mengklaim sebagai pemenang, menyusul selisih hasil hitung cepat (quick count) antara pasangan Wahidin Halim-Andika Hazrumy dengan Rano Karno-Embay Mulya Syarief di bawah ambang margin of erorr sebesar 1 persen.

“Melihat selisih hasil quick count di bawah satu persen, tak bisa ada yang mengklaim sebagai pemenang,” kata Burhan dalam acara talk show program khusus Suara Rakyat TV One, Rabu (15/2/2017).

Pernyataan Burhanudin tersebut merespon klaim kubu Wahidin Halim yang menyatakan sebagai pemenang Pilgub Banten 2017 dengan menjadikan hasil hitung cepat sejumlah lembaga survei.

BACA JUGA: Selisih Quick Count di Bawah 1 %, Pemenang Pilgub Banten Tunggu Hitungan KPU

Dalam Pilgub Banten 2017 ini, pasangan Wahidin Halim-Andika Hazrumy didukung Partai Demokrat, Golkar, Gerindra, PKS, PKB, PAN, dan Hanura. Sedangkan pasangan Rano Karno-Embay Mulya Syarif didukung oleh PDIP, PPP, dan Nasdem.

Quick count Indo Barometer dilaksanakan di 300 TPS sebagai sampel, dari 16.540 TPS yang tersebar di 8 kabupaten/kota di provinsi Banten. Total pemilih yang terdaftar di Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 7.955.282 orang. 

“Dengan jumlah sampel sebanyak 300 TPS, dihasilkan tingkat kesalahan (margin of error) sebesar ± 1% pada tingkat kepercayaan (confidence level) sebesar 99%. Metode penarikan sample yaitu multistage random sampling,” tutup Qodari.(Rus)

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Politisi Kawakan di Cilegon ‘Turun Gunung’ Bantu Menangkan Ati-Sokhidin

Cilegon- Pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota...

Mumu-Lian Serang Kakak Imam Ariadi saat Debat Paslon; Singgung soal Korupsi hingga Pengangguran

Cilegon- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Cilegon menggelar debat publik...

Duh, Tiga Paslon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Cilegon Dituduh ‘Nyolong Start’ Pemasangan Iklan Berbayar di Medsos

Cilegon- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Cilegon memanggil tiga...

Kedai Kopi sang Anak Tutup Gegara Kesulitan Dapat Barista, Ratu Ati Marliati Siapkan Program Training Center

Cilegon- Calon Walikota dan Wakil Walikota Cilegon Nomor Urut...