Menikmati Seni Membentuk Otot di Street Workout

Date:

Bulir-bulir keringat di lengan Irsad Febian nampak mengkilat tersapu cahaya matahari pagi yang belum sempurna terbit. Meski tubuh sudah penuh peluh, namun belum tampak rasa lelah pada diri Irsad. Dia terus bergerak di bawah palang besi yang dijadikan penopang tubuhnya.

Satu gerakan selesai, Irsad kemudian lekas menyambungnya dengan gerakan lain. Begitu seterusnya hingga 30 menit pertama terlewati. 

Irsad Febian adalah salah satu pengurus di Street Workout Ahmad Yani Tangerang (SWAT), sebuah komunitas pecinta olahraga yang menggunakan metode kalistenik. Komunitas SWAT berdiri sejak 4 Mei 2014.

Metode olahraga kalistenik sendiri merupakan metode olahraga dengan cara memaksimalkan penggunaan berat tubuh kita sendiri dalam proses membentuk otot dan tentunya agar memiliki ketahanan tubuh yang kuat.

“Kami ingin mengajak masyarakat untuk ikut berolahraga bersama kami. Metode yang kita ambil yaitu metode kalistenik. Kalistenik merupakan sebuah olahraga yang dilakukan dengan tanpa menggunakan apapun, jadi bebannya dari tubuh kita sendiri,” kata Irsad.

Ada beberapa gerakan dasar yang dilakukan pemula jika berolahraga di komunitas ini; push up, full up, dips, squad dan sebagainya. Untuk pemula biasanya hanya melakukan 5 repetisi dalam 3 set per gerakan. Nah, bagi yang sudah mahir biasanya melakukan lebih dari level pemula. Bahkan beberapa member SWAT ada yang melakukan free style.

“Yang belum ada basic sama sekali, kita ajarkan push up, full up, dips, dan squad yang benar. Setelah repetisi dan setnya sudah bisa banyak jika berminat bisa langsung (belajar) ke free style tergantung goals masing-masing,” terang Irsad.

Nah, bagi Anda yang ingin bergabung dan melakukan berbagai kegiatan bersama Komunitas SWAT bisa langsung datang ke Alun-alun Ahmad Yani Kota Tangerang setiap Selasa dan Jum’at jam 19.00 WIB atau Minggu jam 07.00 WIB. 

Tidak ada biaya apapun untuk gabung ke komunitas ini. Yang penting jangan lupa bawa air minum sendiri yah.(Rus)

 

{mp4remote}http://video.bantenhits.com:1931/media/com_jomwebplayer/STREET WORKOUT.mp4{/mp4remote}

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Mau Cantik tapi Tetap Syar’i? Mulailah Koleksi Karya-karya Dwi Hapsari Ini!

Berita Tangerang - Bisa terlihat cantik dan syar'i merupakan...

15 Kedai Lokal Siap Unjuk Gigi di Festival Kopi Kabupaten Lebak 14-18 Desember 2022

Berita Lebak - Lebak Ekonomi Kreatif (Leekraf) menggelar festival...

Pakai Trail Kuning, Ini Aksi Eksentrik Sachrudin ‘Nyoride’ bareng Penghobi Motor di Kota Tangerang

Tangerang - Wakil Wali Kota Tangerang, Sachrudin berkesempatan turun...

Restoran Dinasty Berganti Nama Star Kitchen Celcius; Tak Ada Alkohol, yang Ada Makan Sepuasnya!

Cilegon - Restoran Dynasty yang berlokasi di Jalan Sultan...