300 UMKM dari 104 Kelurahan di Kota Tangerang Unjuk Gigi di Tangerang Expo 2017

Date:

 

Tangerang – Event tahunan Tangerang Expo kembali digelar di Halaman Pusat Pemerintah Kota (Puspemkot) Tangerang. Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah secara resmi membuka event ini, Kamis (23/2/2017).

Pelaksanaan Tangerang Expo 2017 ini rencananya akan digelar selama empat hari dari 23-27 Februari 2017. Yang menarik, dalam kegiatan kali ini 104 kelurahan di Kota Tangerang langsung dilibatkan. Peserta lainnya terdiri dari 20 OPD, 300 UKM, PDAM Tirta Benteng, PD Pasar Kota Tangerang, 10 koperasi, Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Banten, Dinas Koperasi dan UKM Kota Tangsel, BJB  Konvensial, BJB Syariah, Bank Mandiri, BPJS, Kantor Pajak, dan untuk total stand yang ada pada Tangerang Expo 2017 ada sekitar 202 stand.

Dalam pelaksanaan Tangerang Expo kali ini juga Pemkot Tangerang juga akan membuka pelayanan administrasi kependudukan dan juga pelayanan PBB dan BPHTB di lokasi Tangerang Expo yang berada di Lapangan LP Anak, Jalan TMP Taruna, No.29 C, Kelurahan Sukaasih, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang.

Arief dalam sambutannya menyampaikan, ajang Tangerang Expo kali ini selain sarana untuk menggerakkan ekonomi masyarakat terutama UMKM, juga bertujuan untuk menjadikann Kota Tangerang sebagai kota layak dikunjungi sebagaimana konsep Tangerang Live yang menjadi nafas pembangunan di Kota Tangerang.

“Ini merupakan ajang promosi sekaligus memperkenalkan dan mengembangkan potensi yang ada di Kota Tangerang,” ujarnya.

“Oleh karenanya kali ini, tidak hanya diikuti oleh kecamatan tapi juga 104 kelurahan di Kota Tangerang, sehingga mereka bisa menunjukkan dan menggali potensi yang ada di masing-masing kelurahan,” sambungnya.

Arief juga berharap agar pelaksanaan Tangerang Expo kali ini juga bisa menjadi sarana komunikasi antara stakeholder industri dan UMKM, sehingga ada jalinan kerjasama antara dunia industri dengan UMKM.

“BUMD dan BUMN ikut membina UMKM kota Tangerang sehingga industri terus berkembang dan menjadikan masyarakat kota Tangerang yang sejahtera,” harapnya.

Selepas membuka acara tersebut, Ariefr bersama rombongan dan unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) meninjau beberapa stand. 

Beberapa kali Arief berhenti untuk melihat berbagai hasil kerajinan tangan yang dimiliki beberapa wilayah di Kota Tangerang, seperti di stand Kecamatan Ciledug yang menampilkan kaos bertemakan Betawi. Kemudian di stand Kecamatan Benda yang menyajikan kerajian tangan lampu lampion, serta sepatu kualitas ekpor yang dibuat warga Benda. 

Arief juga mengunjungi stand Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil yang juga membuka layanan pembuatan akta kelahiran gratis dan perekaman E-KTP.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM H. Sayuti menyampaikan, pelaksanaan Tangerang Expo kali ini merupakan yang terbesar di Kota Tangerang, karena kalau dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang hanya diikuti oleh 100-an peserta kali ini diikuti tidak kurang dari 300 peserta.

“Lahan yang digunakan juga mencapai 2.700 meter persegi jauh dari tahun lalu yang hanya 1.600 meter peresegi,” jelasnya.

“Dari target transaksi juga meningkat dari Rp 1,8 miliar menjadi Rp 3 miliar,” tukasnya.(ADVERTORIAL)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related