Connect with us

METROPOLITAN

Pemkab Lebak Diminta Bentuk Perda Larangan Tinggal di Bantaran Kali

Published

on

Lebak – Banjir dan longsor melanda Kabupaten Lebak. Tak hanya ribuan rumah warga, banjir juga merendam ratusan hektar sawah dan merusak infrastruktur serta sarana pendidikan.

Bantuan berupa sembako, pakaian layak pakai, hingga kebutuhan bayi pun disalurkan. Mulai dari pemerintah daerah setempat, elemen mahasiswa hingga partai politik. Bantuan juga datang dari Dharma Wanita Persatuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (DWP Kemendikbud) RI.

Selian memberikan bantuan, DWP juga menyarankan kepada pemerintah Lebak untuk menyiapkan lahan hunian yang layak dan membuat regulasi baik Peraturan Daerah (Perda) maupun Peraturan Bupati (Perbup) terkait larangan warganya yang tinggal di bantaran kali atau sungai.

“Perlu adanya penyediaan lahan hunian yang aman bagi warga yang tinggal di bantaran kali,  Pemerintah Daerah  harus membuat peraturan dan larangan tegas agar masyarakatnya tidak tinggal dibantaran kali,”kata Ketua DWP Kemendikbud RI, Budiarti Didiek di Pendopo Bupati Lebak, Kamis (23/2/2017).

Menurutnya, pembuatan peraturan itu dinilai perlu lantaran kondisi Kabupaten Lebak yang banyak dilintasi oleh Daerah Aliran Sungai (DAS) sehingga menyebabkan tingkat terjadinya bencana bisa lebih tinggi.

“Saya berharap agar Pemerintah segera mengeluarkan himbauan atau larangan agar masyarakat tidak tinggal dibantaran kali, hal itu perlu untuk keamanan warga itu sendiri,” harapnya.

Sementara Bupati Lebak, Iti Octavia jayabaya mengapresiasi atas kepedulian DWP Kemendikbud terhadap bencana yang sedang terjadi di Lebak dan membuka pintu selebar-lebarnya untuk para pihak yang ingin membantu korban bencana yang ada di Kabupaten Lebak.

 “Kami menyambut baik kedatangan rombongan DWP Kemendikbud dan rasa kepeduliannya terhadap masyarakat di kabupaten Lebak, semoga kita bersama-sama dapat meringankan beban para korban bencana dan semoga mereka diberi ketabahan dalam menghadapi ujian ini,” katanya.

Pengurus DWP Kemendikbud sempat mengunjungi lokasi bencana, didampingi Ketua DWP Kabupaten Lebak,  Eti Dede Jaelani dan ketua DWP Cabang Dinas Pendidikan Kabupaten Lebak Tineke Wawan Ruswandi menuju kali Ciujung di kampung Gagambiran Desa Muara Dua Kecamatan Cikulur Kabupaten Lebak. Pasalnya di daerah tersebut terdapat 12 rumah yang rusak parah akibat longsor.

Dalam kunjungannya, DPW Kemendikbud RI Menyerahkan bantuan berupa pakaian, selimut, bahan makanan dan obat-obatan bagi masyarakat yang terkena dampak bencana.(Ep)

 

Trending