Banten West Java Pastikan Pusat Budaya Asing di Tanjung Lesung Tak Hilangkan Budaya Lokal

Date:

Pandeglang – Kehadiran Mongolian Culture Center (MCC) di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung mendapat reaksi keras dari elemen mahasiswa di Banten.

Pasalnya, keberadaan pusat kebudayaan asing tersebut dinilai tak sesuai dengan kultur masyarakat Banten. PT Banten West Java (BWJ) selaku pengelola KEK disarankan menghadirkan pusat kebudayaan lokal jika tujuannya hanya menarik wisatawan.

BACA JUGA: Pusat Budaya Mongolia di KEK Tanjung Lesung Dipertanyakan

General Manager PT BWJ Widiasmanto saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon memastikan, kehadiran pusat kebudayaan asing tidak akan menghilangkan budaya dan kearifan lokal yang dimiliki Banten.

“Kuliner, kebersihan dan ramah tamah dalam menyambut tamu itu juga termasuk budaya. Tidak mungkin kita hilangkan budaya itu,” kilahnya, Rabu (3/5/2017).

Widi menjelaskan, dibangunnya pusat kebudayaan Mongolia diharapkan menjadi daya tarik wisatawan domestik dan asing. Hal tersebut kata dia, agar wisatawan tak perlu jauh-jauh ke luar negeri.

“Kalau Banten Culture Center kan menurut saya budaya Banten sudah ada di mana-mana,” ucapnya.

Sebenarnya kata Widi tak hanya Mongolia, beberapa negara juga telah diundang dan diajak berinvestasi di kawasan tersebut. Akan tetapi baru Mongolia saja yang tertarik.

“(Negara lain) hanya melihat-lihat saja. Cuma baru Mongolia saja. Tetapi, kalau mereka sudah percaya, investasinya akan lebih besar lagi,” tandasnya.(Nda)

Author

  • Engkos Kosasih

    Memulai karir jurnalistik di BantenHits.com sejak 2016. Pria kelahiran Kabupaten Pandeglang ini memiliki kecenderungan terhadap aktivitas sosial dan lingkungan hidup.

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Digugat Warga dan ‘Diminta’ Pengembang, Bagaimana Nasib 24 Aset Milik Pemkab Tangerang Sekarang?

Berita Tangerang - Sedikitnya 24 aset Pemkab Tangerang saat...

Sepanjang 3-15 April 2024, Jumlah Penumpang di Terminal Poris Plawad Mencapai 1.000 Orang Per Hari

Berita Tangerang - Sepanjang 3-15 April 2024 atau selama...

Angka Kecelakaan saat Mudik Lebaran 2024 Menurun, Pelanggaran ETLE Meningkat

Berita Jakarta - Angka kecelakaan saat Mudik Lebaran 2024...