‘Si Leuit’ Rumah Pintar Pemilu di Lebak Diresmikan

Date:

Lebak – Rumah Pintar Pemilu (RPP) di Kabupaten Lebak diresmikan Komisi Pemilihan Umum (KPU), Sabtu (13/5/2017). Rumah Pintar Pemilu yang lokasinya berada di Kantor KPU Lebak, Jalan Abdi Negara, Rangkasbitung ini diberi nama ‘Si Leuit’.

Leuit sendiri merupakan sebuah bangunan tradisional yang terbuat dari kayu dan bambu yang digunakan oleh masyarakat suku Baduy yang menerap di pedalaman Lebak untuk menyimpan hasil panen padi.

Komisioner KPU RI Wahyu Setiawan mengatakan, Rumah Pintar Pemilu merupakan program KPU yang berada di setiap KPU daerah. Keberadaan rumah pintar ini diharapkan menjadi media informasi warga seputar kepemiluan, khususnya dalam mendekati pemilu.

“Agar masyarakat terutama pemilih pemula mengetahui informasi dan bagaiaman sejarah pemilu di Indonesia, termasuk teknis pemilih,” tutur Wahyu.

Jelang pilkada serentak 2018, KPU akan terus berupaya meningkatkan partisipasi pemilih. Salah satunya melalui sosialisasi dan penyuluhan .

“Termasuk melalui rumah pemilu ini yang bisa dikunjungi masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya berharap, keberadaan rumah pemilu bisa meningkatkan peran aktif dan partisipasi masyarakat dalam setiap hajat berdemokrasi.

Iti juga meminta KPU memperhatikan kondisi Tempat Pemgungutan Suara (TPS) pada pilkada nanti. Hal ini juga bertujuan agar memudahkan masyarakat menyalurkan hak pilih.

“Lokasi TPS harus juga dekat dengan masyarakat agar partisipasi pemilih lebih baik,” pesannya.

Hadir pula Wakil Bupati Lebak Ade Sumardi, Wakil Ketua DPRD Lebak HM Yogi Rachmat, Ketua KPU Banten Agus Supriyatna, Ketua KPU Lebak Ahmad Saparudin, dan Dadim Lebak Letkol Arh Syafa Susanto.(Nda)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

KPU Lebak Minta DPRD Usulkan Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Terpilih

Lebak - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lebak menetapkan...

Rekapitulasi Pilkada Lebak, Pasangan Petahana Raih 459.938 Lawan Kolom Kosong

Lebak - Pasangan petahana Iti Octavia Jayabaya-Ade Sumardi meraih...

PSU, Pemilih di TPS 02 Aweh Menurun

Lebak - Selain di Kabupaten Tangerang, Pemungutan Suara Ulang...

Partisipasi Pemilih Pilkada Lebak di Bawah 70 persen, KPU: Faktor Calon Tunggal

Lebak - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lebak menyebut,...