BPOM Temukan Makanan Mengandung Formalin di Pasar Modern Tangerang

Date:

Tangerang – Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Banten menggelar inspeksi mendadak (sidak) mengecek kandungan zat kimia berbahaya pada makanan dan minuman di Pasar Modern Town Moderland, Kota Tangerang, Rabu (7/6/2017).

Pada kesempatan ini, BPOM menguji setiap makanan yang dijual pedagang di stan laboraturium yang telah disediakan di lokasi sidak, anatara lain,  daging Ayam, daging sapi, ikan basah, beberapa jenis tahu, Kuetiaw, Risol, dan jenis jajanan lainnya.

Dari hasil uji laboratorium, BPOM Banten menemukan beberapa sampel makanan yang tersebut positif mengandung formalin, borak dan rhodamin B.

“Kita menemukan makanan yang mengandung formalin di tahu kuning, tahu putih, serta kuetiaw, untul yang mengandung Borak ada di jajanan Risol, bahkan tahu orange dan kue mangkok mengandung pewarna berbahaya,” ujar Fikri Nazaruddin, staff seksi pemeriksaan dan sertifikasi serta layanan informasi konsumen BPOM Banten.

Untuk mengantisipasi beredarnya pangan berbahaya tersebut di Tangerang, BPOM meminta kepada para pedagang untuk menolak produk-produk yang mengandung bahan berbahaya.

Untuk saat ini, tindakan yang di ambil BPOM Banten adalah memberikan peringatan, pembinan dan diberikan surat pernyataan untuk tidak mengulanginya kembali, serta tidak membeli ke produsen yang sama.(Zie)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Imbauan KASN untuk Tim Sukses Sekda Kabupaten Tangerang Moch Maesyal Rasyid

Berita Tangerang - Komisi Aparatur Sipil Negara atau KASN...

KASN Tegaskan Sekda Kabupaten Tangerang Dilarang Pendekatan ke Parpol Politik, Ini Aturannya!

Berita Tangerang - Sekretaris Daerah atau Sekda Kabupaten Tangerang,...