Gubernur Bangka Belitung Kunjungi Iradiator Gamma Merah Putih di Puspiptek Tangsel

Date:

Tangsel – Gubernur Bangka Belitung Erzaldi Rosman Djohan berkunjung ke Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Pupiptek), Serpong, Tangerang Selatan (Tangsel), Senin (14/8/2017).

Kunjungan orang nomor satu di Bangka Belitung tersebut untuk melihat langsung Iradiator Gamma Merah Putih yang tengah dikembangkan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) bersama Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan)

Erzaldi mengatakan, sejak tahun 2011, Pemprov Bangka Belitung telah menjalin kerja sama dengan Batan guna menangani menurunnya daya jual hasil pertanian dan perikanan.

Menurutnya, hasil dari penelitian terhadap bibit lada yang dilakukan Batan membuahkan hasil menggembirakan bahkan memiliki produktivitas tinggi dan lebih tahan terhadap penyakit.

“Pengembangan tanaman lada di Kabupaten Bangka Tengah, Bangka Selatan dan Kabupaten Bangka sebanyak 300kg/hektar/tahun. Untuk meningkatkan harga lada, pengembangan tanaman tersebut masih berlanjut dan terus dikembangkan. Teknologi nuklir juga bisa mengembangkan varietas padi dan lada tahan terhadap penyakit,” papar Erzaldi.

“Oleh sebab itu, harus ada strategi untuk membunuh bakteri dan kompak mensosialisasikan kepada masyarakat dalam memanfaatkan kekayaan alam,” tambanya.

Kepala Batan Djarot Sulistio Wisnubroto menjelaskan, radiasi gamma yang dipancarkan dari unsur pemancar gamma dapat dimanfaatkan secara efektif untuk mengatasi permasalahan di bidang industri tersebut.

“Dibandingkan teknologi konvensional, penggunaan radiasi memiliki keunggulan, di antaranya produk dapat diproses dalam keadaan terkemas dan siap dipasarkan, dapat digunakan untuk produk dalam jumlah besar, target pemusnahan mikroba pada tingkat tertentu atau menyeluruh dapat dilakukan pada seluruh bagian produk, tidak menimbulkan kerusakan pada produk, karena teknologi ini merupakan proses dingin dan tidak menimbulkan residu bahan kimia,” beber Djarot.(Nda)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Akses Kemudahan Informasi Hingga Pendaftaran Kartu Kuning Melalui Aplikasi SIPUTERI Milik Pemkab Pandeglang

Pandeglang - Dinas Komunikasi Sandi dan Statistik (Diskomsantik) Kabupaten...

Tiga Aplikasi Online Diluncurkan Pemkab Tangerang

Tangerang - Tiga aplikasi online yakni Perijinan Terpadu (Sipintar),...