Populasi Badak di Indonesia Terancam Punah

Date:

Pandeglang – Keberadaan Badak Sumatera mungkin belum mampu melampaui popularitas Badak Jawa. Tak banyak pula yang mengetahui jika spesies ini pun terancam punah. Badak Sumatera merupakan salah satu kekayaan alam bumi pertiwi yang populasi di alam hanya ada di Indonesia. Keberadaannya di Semenanjung Malaysia telah dinyatakan punah. Sementara Sabah hanya memiliki populasi yang kecil dan terisolir.

 

World Wide Fund for Nature (WWF) Indonesia mencatat populsi Badak Sumatera dan Jawa saat ini dalam kondisi memprihatinkan. Pasalnya perkembangan populasi tersebut terganggu oleh pohon langkap yang di yakini mengganggu pada pakan badak.

Menurut Arnold Sitompul, Direktur Konservasi WWF Indonesia Saat ini, habitat Badak Sumatera dari delapan kawasan yang tersisa. Kini hanya ada tiga kawasan diantaranya di kawasan Taman Nasional Way Kambas, Taman Nasional Bukit Barisan Selatan dan Kawasan Ekosistem Leuser.

“Kondisi ketiganya pun cukup mengkhawatirkan, sebab merujuk pada survei dan monitoring menunjukkan trend penurunan populasi. Jumlah badak diperkirakan kurang dari 100 individu sejak lima tahun terakhir, Kita berlomba dengan waktu untuk menyelamatkan badak Indonesia,” Katanya, Jumat (22/9/2017)

Sedangkan untuk habitat Badak Jawa, lanjut Arnold, mengalami kelebihan populasi. Namun kawasan hidup mereka yang hanya terkunci di Taman Nasional Ujung Kulon, membuatnya terancam karena kawasan semenanjung Ujung Kulon merupakan zona rawan tsunami yang diakibatkan oleh letusan gunung Anak Krakatau dan pergeseran lempeng benua.

“Ada juga ancaman lainnya yakni adanya sebaran bakteri Tripanosoma dari kerbau milik warga di TNUK, Bakteri ini bisa mempercepat kematian Badak Jawa,” jelasnya.

Untuk menghindari punahnya populasi, Arnold menambahkan, perlu memecah populasi dengan dibagi dua, rumah baru badak ini bukan hanya sekadar mengurangi kepadatan populasi dan memberi ruang untuk Badak Jawa berkembang secara sehat, tapi merupakan langkah antisipasi untuk mencegah Badak Jawa dari kepunahan.

“Jika Indonesia gagal menyelamatkan Badak Sumatera dan Badak Jawa dari kepunahan, maka dunia akan kehilangan dua species,” tutupnya.(Zie)

Author

  • Engkos Kosasih

    Memulai karir jurnalistik di BantenHits.com sejak 2016. Pria kelahiran Kabupaten Pandeglang ini memiliki kecenderungan terhadap aktivitas sosial dan lingkungan hidup.

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Sekda Kabupaten Tangerang Dilaporkan Warga Sukamulya ke KASN terkait Dugaan Pelanggaran Etik ASN

Berita Tangerang - Sekretaris Daerah atau Sekda Kabupaten Tangerang,...

Digugat Warga dan ‘Diminta’ Pengembang, Bagaimana Nasib 24 Aset Milik Pemkab Tangerang Sekarang?

Berita Tangerang - Sedikitnya 24 aset Pemkab Tangerang saat...

Sepanjang 3-15 April 2024, Jumlah Penumpang di Terminal Poris Plawad Mencapai 1.000 Orang Per Hari

Berita Tangerang - Sepanjang 3-15 April 2024 atau selama...

Angka Kecelakaan saat Mudik Lebaran 2024 Menurun, Pelanggaran ETLE Meningkat

Berita Jakarta - Angka kecelakaan saat Mudik Lebaran 2024...