Connect with us

Agenda PANWASLU

Bawaslu Sebut Kota Tangerang Siap Gelar Pilkada 2018

Published

on

Tangerang – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Bantenmengunjungi Kantor Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Tangerang, di Jalan Kisamaun, Pasar Lama, Kota Tangerang, Rabu (4/10/2017).

Ketua Bawaslu Banten Didih M. Sudi mengatakan, kunjungan tersebut dalam rangka mengetahui persiapan jelang pelaksanaan pilkada 2018 dan pemilu 2019.

“Kita ingin mengetahu beberapa persiapan yang sudah dilakukan oleh panwaslu,” kata Didih.

Ada beberapa indikator yang harus dipenuhi panwaslu, salah satunya kesiapan personel.

“Pertama kita memastikan kesiapan personel. Kepala sekretariat, bendahara, karena kan harus ASN,” ujarnya.

Bawaslu juga memastikan tahapan yang mulai berjalan, seperti rekrutmen panwasca. Menjadi catatan penting adalah, profesionalitas menguasai kepemiluan, dan netralitas tidak berafiliasi dengan parpol.

Dari kunjungan tersebut, Didih mengaku, Kota Tangerang telah siap melaksanakan tahapan pilkada dan pemilu. Hanya saja masih menunggu rekomendasi Pemkot Tangerang terkait Naskah Perjanjian Hibah Daerah.

“Kami melihat, Kota Tangerang termasuk daerah yang sduah siap untuk melaksanakan pilkada. Personel untuk ASN sudah ada rekomendasi, NPHD tinggal menunggu waktu, menghadap dengan wali kota, jadi artinya kesiapan administratif saja,” terang Didih.

Sementara itu, Ketua Panwaslu Kota Tangerang Agus Muslim mengatakan, persiapan pilkada dan pemilu sudah dilakukan.

“Kita sudah sampaikan mengenai persiapan, infrastruktur, SDM, dan lainnya. Insya Allah siapa,” ucap Agus.

Soal rekrutmen anggota panwascam, tes tulis akan dilakukan pada tanggal 8 Oktober.

“Sebelum fit and proper test. Kita yakin, rekrutmen panwascam berjalan sesuai aturan, semakin banyak peserta semakin bagus untuk menyeleksinya. Kelihatan mana yang akan kita prioritaskan dan Kita akan pilih yang terbaik,” jelasnya.(Nda)

Trending