Bantuan Diduga Disunat, Warga Miskin di Kota Tangerang Tolak Bedah Rumah

Date:

Tangerang – Bantuan bedah rumah yang digulirkan Pemkot Tangerang sejak 2015 ternyata tak sehebat gaungnya. Program yang disebut-sebut sebagai salah satu keberhasilan Arief R. Wismansyah di Kota Tangerang ini ternyata ditolak sejumlah masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) alias warga miskin penerima bantuan.

Warga menolak bantuan karena nilai bantuan yang diterima ternyata tidak sesuai dengan yang dijanjikan. Warga hanya menerima Rp 10 juta dari besaran Rp 20 juta yang dikucurkan Pemkot Tangerang untuk setiap kepala keluarga.

Hal tersebut salah satunya terungkap di Kampung Gerendeng, RT.01, RW.01, Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang. Warga yang menolak bantuan pernah mempertanyakan besaran bantuan yang nilainya menyusut setengahnya itu ke kelurahan setempat, namun warga hanya disuruh menunggu untuk mendapat bantuan bedah rumah di tahap selanjutnya.

Karsan (55), salah seorang warga mengungkapkan, rumahnya pada 2016 lalu mendapat program bedah rumah. Namun setelah didata Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM), dirinya disebut hanya mendapat bantuan Rp 10 juta. Padahal, Karsan tahu nilai bantuan bedah rumah yang dikucurkan Pemkot Tangerang Rp 20 juta per rumah.

“Iya, dapat bantuan (bedah rumah). Tapi cuma dapat Rp 10 juta, padahal dapatnya Rp 20 juta. Yaudah kita tolak karena kita tahunya (bantuan) Rp 20 juta,” kata Karsan.

BKM yang mendata bantuan tersebut, kata Karsan, menyebut kerusakan rumah yang diderita Karsan masih tergolong kategori rusak ringan. 

Pantauan Banten Hits di lokasi, rumah Karsan merupakan rumah semi permanen dengan luas sekitar 15 meter. Dinding rumah hanya tembok setinggi satu meter yang sudah lapuk dan triplek yang kondisinya sudah compang camping. Seluruh atap rumah Karsan juga sudah bolong-bolong.

Hayat, warga lainnya yang ditemui Banten Hits di lokasi menyebutkan, selain Karsan, di RW 01 ada sedikitnya lima warga miskin yang menolak bantuan bedah rumah dengan alasan yang sama.

“Ada juga yang nerima bantuan akhirnya rumahnya jadi ngegantung, gak jadi. Karena biaya tak cukup untuk menyelesaikan,” ungkap Hayat.

Pada 2017 ini, Pemkot Tangerang menargetkan sekitar 4.000 masyarakat miskin di Kota Tangerang sudah mendapatkan bantuan bedah rumah. Harapannya, dengan program ini tak ada lagi rumah kumuh di Kota Tangerang. (Rus)

 

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Jumat Curhat Polda Metro Jaya di Legok; Cara Humanis Polsek Legok Ciptakan Kamtibmas dan Dekatkan Diri ke Warga

Berita Tangerang - Kejahatan jalanan dan kenakalan remaja menjadi...

Respons Aduan Warga, KASN Lakukan Analisa dan Akan Minta Klarifikasi Sekda Kabupaten Tangerang

Berita Tangerang - Komisi Aparatur Sipil Negara atau KASN...

Sekda Kabupaten Tangerang Dilaporkan Warga Sukamulya ke KASN terkait Dugaan Pelanggaran Etik ASN

Berita Tangerang - Sekretaris Daerah atau Sekda Kabupaten Tangerang,...

Digugat Warga dan ‘Diminta’ Pengembang, Bagaimana Nasib 24 Aset Milik Pemkab Tangerang Sekarang?

Berita Tangerang - Sedikitnya 24 aset Pemkab Tangerang saat...