Connect with us

ADVERTORIAL

Pemkot Tangerang Satu-Satunya Badan Publik Informatif di Banten

Published

on

Serang – Segudang penghargaan berhasil diraih Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang di bawah kempimpinan Arief R Wismansyah-Sachrudin. Mulai dari tingkat provinsi, nasional hingga internasional. Penghargaan-penghargaan tersebut tidak lepas dari terobosan dan inovasi program-program dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi yang bertujuan memudahkan aksebilitas pelayanan informasi kepada masyarakat dalam mewujudkan Kota Tangerang yang layak dikunjungi, layak huni dan layak investasi.

Atas kerja kerasnya, Pemkot Tangerang sebagai sebuah badan publik menjadi satu-satunya badan publik di Provinsi Banten yang mendapat anugerah badan publik dengan kategori “informatif” dari Komisi Informasi (KI) Provinsi Banten pada tahun ini. Penghargaan ini sekaligus menjadikan Pemkot Tangerang sebagai juara bertahan selama tiga kali berturut-turut.

 

“Hanya ada satu badan publik di Banten, yaitu juara I kategori kab/kota yang mencapai klasifikasi badan publik “informatif” dengan capaian nilai 96-100. Di bawahnya, klasifikasi “menuju informatif” dengan nilai 80-95 dan itupun tidak banyak. Baru terakhir, “klasifikasi cukup informatif” mendominasi capaian badan publik dalam memberikan pelayanan informasi publik”, kata Ketua Komisioner KI Banten, Maskur, Kamis (7/12/2017).

Dibandingkan tahun sebelumnya, ada yang berbeda dari pemeringkatan pada tahun ini. Pemeringkatan tidak hanya dilakukan terhadap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkup provinsi dan kab/kota, melainkan pada BUMD. Sehingga, bukan hanya pemkot saja yang mempertahankan juara, tetapi dua BUMD di Kota Tangerang yakni PD. Pasar dan PDAM Tirta Benteng turut unjuk gigi dalam tahun pertama keikutsertaannya sebagai badan publik kategori BUMD terbaik kedua dan ketiga di Provinsi Banten. .

Kepala Bagian Humas dan Protokol Pemkot Tangerang Felix Mulyawan selaku Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Utama mengatakan, capaian tersebut tidak lepas dari sinergitas dan kekompakan PPID di Kota Tangerang

“Di PPID ada kerja sama harmonis antara sekretariat daerah (Setda) dalam hal ini bagian Humas dan bagian Hukum serta Dinas Kominfo dan tidak kalah penting seluruh PPID Pembantu di tiap-tiap SKPD. Mudah-mudahan penghargaan ini menjadi motivasi untuk memberikan pelayanan informasi kepada publik lebih baik lagi,” jelas Felix.

Penghargaan lain yang juga diterima Pemkot Tangerang di ajang kehumasan, Anugerah Media Humas (AMH) 2017. Penghargaan diberikan atas apresiasi terhadap pengelolaan media sosial (Medsos) Kota Tangerang bersama dengan Siaran Pers Humas Pemkot Tangerang tentang Festival Cisadane yang masuk enam besar perhelatan yang diadakan oleh Badan Koordinasi Kehumasan Pemerintah (Bakohumas) Kementerian Kominfo RI. Penghargaan diterima Sekretaris Dinas Kominfo, Syamsul Bahri di Ballroom Novotel Palembang, Kamis (23/11) malam.

AMH merupakan event tahunan para praktisi kehumasan yang berasal dari instansi pemerintah (kementerian/lembaga/instansi/daerah) BUMN dan BUMD se-Indonesia dan merupakan puncak penyelenggaraan Sinergi Aksi Informasi dan Komunikasi Publik (SIAK) 2017 yang diselenggarakan dari tanggal 22-24 November di Palembang, Sumatera Selatan.

Pengelolaan mesdos Pemkot Tangerang dinilai dewan juri telah memenuhi beberapa kriteria yang telah ditetapkan, antara lain dilihat dari jumlah followers,
etika dan estetika dalam pengemasan pesan yang disampaikan, kesesuaian konten dengan tema yang telah ditentukan oleh panitia dan report analytic interaksi medsos.

Kesemua akun-akun medsos Pemkot Tangerang dikelola dengan serius oleh para admin masing-masing akun yang berbasis di Tangerang Live Room (TLR) yang merupakan pusat kendali pemerintahan berbasis Smart City dengan memperhatikan ciri khas khusus masing-masing saluran media sosial dan pengemasan pesan.(ADVERTORIAL)

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ten + eighteen =

Trending