Connect with us

EKONOMI & BISNIS

Ketersediaan Daging Sapi Melimpah, KPPU Pastikan Tidak ada Lonjakan Harga

Published

on

Tangerang – Ketua Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) M Syarkawi Rauf mengatakan, seharusnya tidak ada kenaikan harga daging sapi yang signifikan menjelang Natal dan Tahun Baru 2018 karena kondisi pasokan daging yang surplus.

 

Sepanjang Desmber 2017 tercatat kebutuhan daging sapi nasional hanya mencapai 50 ribu ton daging sapi. Sementara, ketersediaan daging mencapai 71 ribu ton daging sapi.

“Kita surplus sekitar 21 ribu ton daging sapi. Sementara, harga daging sapi segar saat ini per kilogramnya hanya RP. 80 ribu,” ujar Syarkawi saat mengunjungi Rumah Potong Hewan (RPH) Karawaci, Selasa (12/12/2017) malam.

Bila terjadi kenaikan harga daging yang signifikan di tengah kondisi surplus, Syarkawi menegaskan, KPPU besera Satuan Tugas Pangan Polri akan mengambil tindakan hukum. KPPU dan Satgas Pangan Polri akan mengambil tindakan tegas terhadap kartel pangan baik dari sisi Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1999 Persaingan Usaha maupun pidana.

Untuk itu, pihaknya pun memastikan tidak ada lonjakan harga daging menjelang natal dan tahun baru.

“Menjelang natal dan masa libur panjang yang akan datang, ketersedian dan pasokan harga daging bisa terjaga, sehingga tidak berdampak pada inflasi di akhir tahun,” tandasnya.(Zie)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fourteen − five =

Trending