Connect with us

METROPOLITAN

Cerobong Pipa Mesin PT Dover Meledak, Warga Panik dan Berhamburan Keluar Rumah

Published

on

Cilegon – Pipa mesin milik PT Dover meledak. Ledakan cerobong pipa ini terjadi di Lingkungan Sumur Wuluh, Kelurahan Gerem, Kecamatan Gerogol, Kota Cilegon, Sabtu (16/12/2017). Beruntung atas kejadian itu tidak ada korban jiwa. Namun membuat kepanikan warga yang tinggal di dekat lokasi ledakan.

 

Informasi yang berhasil dihimpun Banten Hits, bunyi ledakan yang membuat warga berhamburan keluar dari rumahnya itu terjadi sekira pukul 09.08 WIB, diduga berasal dari cerobong pipa mesin produksi Formalin (Reactor) PT Dover Chemical.

Kartini salah seorang warga mengungkapkan, saat terjadinya bunyi ledakan menyerupai ledakan bom itu, dirinya sedang berada di dalam rumah dan langsung keluar rumah karena panik.

“Tadi pas kedengeran ledakan, saya langsung keluar rumah karena besar banget bunyinya bahkan kaca rumah saja sampai bergetar,” ungkapnya.

Sementara itu, Manager Human Resources and General Affair PT Dover Chemical, Dade Suparna mengakui adanya bunyi ledakan yang terjadi di dalam areal perusahaan. Bahkan ia menjelaskan, bahwa ledakan tersebut karena adanya uji coba produksi di perusahaan.

“Bunyi ledakan itu karena adanya kelebihan tekanan udara (high presurese) terhadap valve safety dan ledakan diakibatkan adanya tekanan yang kencang, sehingga meledak karena tidak mampu menahan tekanan,” tuturnya.

Sampai saat ini, lokasi ledakan yang terdapat di area produksi PT Dover Chemical Plan B telah di pasangi gari polisi oleh petugas kepolisian, guna kepentingan penyelidikan untuk mengetahui secara pasti penyebab dari ledakan tersebut.(Zie)

Trending