Iti Dorong Perpustakaan Saidjah-Adinda Jadi Wisata Edukasi

Date:

Perpustakaan Saidjah-Adinda
Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya meresmikan Gedung Dinas Kearsiapan dan Perpustakaan Saidjah-Adinda. Iti berharap, perpustakaan tersebut menjadi wisata edukasi. (Foto: Fariz Abdullah/Banten Hits)

Lebak – Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya didampingi Wakil Bupati Ade Sumardi meresmikan gedung Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Saidjah-Adinda, Rabu (27/12/2017). Gedung yang berada di Jalan RM Nata Atmadja Rangkasbitung ini memiliki bentuk mirip Leuit (lumbung padi).

“Saya ingin masyarakat Lebak punya segudang ilmu dan gemar membaca,” kata Iti.

Perpustakaan yang terintegrasi dengan Museum Multatuli dan wisata alam dan budaya di Kabupaten Lebak tersebut diharapkan menjadi wisata edukasi yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat Lebak terutama para generasi muda.

“Kita harus optimis Lebak cerdas bisa terwujud,” ujarnya.

Untuk mendorong gerakan literasi, Perpustakaan Saidjah-Adindah telah menjalin kerja sama dengan berbagai pihak dalam rangka mengembangkan perpustakaan di desa, sekolah dan kantor-kantor instansi pemerintah. Termasuk bekerja sama dengan pemerintah pusat melalui gerakan indonesia membaca (GIM)

“Kita harus bangga menjadi warga Lebak yang masih mengedepankan adat lokal dengan mengedepankan pemikiran yang kekinian,” pesan Iti.

Sementara itu, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Asep Komar Hidayat menambahkan, terdapat 17.000 koleksi jenis buku dengan total 40 ribu eksemplar yang sudah terintegrasi dengan sistem online.

“Kita akan imbangi untuk e-Book karena kita ingin Masyarakat juga mengunjungi gedung yang penuh makna dan sejarah lokal ini,” harapnya.(Nda)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Jumat Curhat Polda Metro Jaya di Legok; Cara Humanis Polsek Legok Ciptakan Kamtibmas dan Dekatkan Diri ke Warga

Berita Tangerang - Kejahatan jalanan dan kenakalan remaja menjadi...

Respons Aduan Warga, KASN Lakukan Analisa dan Akan Minta Klarifikasi Sekda Kabupaten Tangerang

Berita Tangerang - Komisi Aparatur Sipil Negara atau KASN...

Sekda Kabupaten Tangerang Dilaporkan Warga Sukamulya ke KASN terkait Dugaan Pelanggaran Etik ASN

Berita Tangerang - Sekretaris Daerah atau Sekda Kabupaten Tangerang,...