Kereta Bandara Beroperasi, Arief Minta Antisipasi Menurunnya Intensitas KRL

Date:

Kereta bandara
Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah. (Dok. Banten Hits)

Tangerang – Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah menyambut baik pengoperasian Kereta Bandara Soekarno-Hatta yang diresmikan Presiden Joko Widodo, Selasa (2/1/2017).

“Kita ikut bangga dengan adanya kereta bandara yang aksesnya lewat Kota Tangerang,” kata Arief dalam siaran pers, Senin (1/1).

BACA JUGA: Jokowi Resmikan Kereta Bandara Soekarno-Hatta

Namun, kehadiran kereta bandara yang aksesnya menggunakan jalur KRL Tangerang – Duri secara tidak langsung akan berdampak pada menurunnya intensitas KRL yang melintas dari dan menuju Kota Tangerang.

“Kalau tidak diantisipasi nantinya masyarakat akan kembali menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi online yang tentunya akan berdampak pada kemacetan ruas jalan penghubung dengan Jakarta,” katanya.

Padahal kata dia, KRL kini menjadi primadona bagi masyarakat yang akan melakukan perjalanan menuju Jakarta setiap hari karena dinilai mampu menghindari kemacetan dan dengan waktu tempuh yang lebih cepat dibanding menggunakan kendaraan pribadi.

“Data pengguna KRL cukup tinggi, tahun 2016 data penggunanya hampir 10 juta penumpang,” ungkapnya.

“Melonjak 2,5 juta penumpang dalam kurun waktu 2 tahun dibanding tahun 2014,” tambahnya.

Ia berharap, pemerintah pusat melalui Kementerian Perhubungan dapat mengembangkan transportasi massal di kota Tangerang yang berhubungan langsung dengan Kota Jakarta sebagai pilihan bagi masyarakat agar mau beralih dari penggunaan mobil pribadi dan untuk mengurangi kemacetan yang ada.

“Contohnya koridor 13 yang belum lama diresmikan juga yang sekarang bisa mengurangi kemacetan di wilayah Ciledug dan perbatasan Jakarta, walaupun aksesnya baru sampai Puribeta,” terangnya.

Kereta Bandara Soekarno-Hatta sementara dapat diakses melalui Stasiun Sudirman Baru (BNI City), Stasiun Batu Ceper, dan Stasiun Bandara Soekarno-Hatta dengan tarif Rp70.000 untuk sekali perjalanan.(Nda)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Selama Libur Lebaran 2024, Petugas Kebersihan di Kota Tangerang Setiap Hari Angkut 1.800 Ton Sampah

Berita Tangerang - Selama libur Lebaran 6-15 April 2024,...

Stabilitas Banten Kuat hingga Membantu Stabilitas Nasional, Karena Apa?

Berita Banten - Stabilitas di Wilayah Provinsi Banten sejauh...

Cukup Rp 2 Ribu Saja, Warga Bisa Keliling Kota Tangerang untuk Berlebaran

Berita Tangerang - Sebuah layanan paripurna coba dihadirkan Pemerintah...