KPU Kota Tangerang Sarankan Paslon Tak Daftar di Hari Terakhir

Date:

Komisioner KPU
Komisioner KPU Kota Tangerang, Banani Bahrul. (Foto: Maya Aulia/Banten Hits)

Tangerang – Pendaftaran pasangan calon (paslon) kepala daerah dan wakil kepala daerah akan dibuka pada tanggal 8-10 Januari 2018. Berkas dokumen pencalonan yang diserahkan kemudian akan diverifikasi oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).
“Ada tiga status dalam proses penerimaan pendaftaran, yakni diterima, dikembalikan untuk diperbaiki, dan ditolak,” kata Komisioner KPU Kota Tangerang, Banani Bahrul, Sabtu (6/1/2018).

Untuk itu kata Banani, pihaknya menyarankan kepada paslon untuk menghindari pendaftaran di hari terakhir.

“Sebaiknya pendaftaran dilakukan bukan di hari terakhir, tapi dikembalikan lagi ke partai politik (parpol) karena sepenuhnya jadi domain mereka, kami hanya menyarankan,” ujar Banani.

Apakah berkas paslon diterima atau ditolak, Banani menerangkan, hal itu tergantung dengan dengan kelengkapan dokumen yang diserahkan kepada KPU. Terdapat 18 jenis, nama, dan kegunaan formulir serta macam-macam dokumen yang terkait dengan calon, dan 7 jenis, nama, dan kegunaan formulir dan dokumen yang terkait dengan pencalonan.

“Secara umum, formulir dan dokumen syarat calon itu terkait dengan individu calon wali kota dan wakil wali kota, sementara formulir dan dokumen syarat pencalonan itu terkait dengan proses pengajuan paslon oleh parpol atau gabungan parpol,” terang Banani.

KPU akan mengembalikan dokumen dan diminta untuk diperbaiki jika salah satu syarat calon dan syarat pencalonan tidak terpenuhi serta masih cukup waktu untuk dilakukan perbaikan dalam tenggat waktu pendaftaran. Sedangkan, KPU akan menolak apabila syarat calon dan syarat pencalonan tidak terpenuhi dan tidak cukup waktu untuk dilakukan perbaikan.

Pemeriksaan keabsahan dokumen paslon dan parpol akan dilakukan pada 10-16 Januari . Selama proses tersebut, paslon dan parpol pengusung diberi waktu untuk memperbaiki dokumen yang belum dinyatakan lengkap.(Nda)

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Mulyadi Jayabaya Beri Sinyal ke PKS soal Pilkada Lebak, Apa Itu?

Berita Lebak- Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Keadilan Sejahtera...

PKS Lebak Daftarkan Bacaleg ke KPU Sebari Gowes Becak

Berita Lebak- Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Lebak resmi...

AHY: Suara Demokrat di Banten Dipercayakan ke Iti Jayabaya

Berita Lebak- Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono...

Jurus PPP Cilegon Rebut Kemenangan di Pemilu 2024, Bacaleg Dibekali Ini

Berita Cilegon- DPC Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kota Cilegon...