Soal Calon Tunggal di Kabupaten Tangerang, Ini Kata Pengamat

Date:

Kata pengamat
Kaprodi Magister Ilmu Komunimasi Politik Universitas Esa Unggul, Erman Anom.(Istimewa)

Tangerang – Warga Kabupaten Tangerang dihadapkan pilihan sulit dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018, karena hanya disodorkan calon tunggal. Mereka hanya diberi pilihan satu pasangan calon, yakni Ahmed Zaki Iskandar-Mad Romli.

Fenomena calon tunggal dinilai hanya dinamika lokal. Bahkan, Kaprodi Magister Ilmu Komunimasi Politik Universitas Esa Unggul, Erman Anom menyatakan kesetujuannya akan Pilkada paslon tunggal melawan kotak kosong.

Hal tersebut diungkapkannya, karena banyaknya paslon yang mendaftar pada ajang Pilkada Bupati Tangerang dapat menciptakan hubungan yang tidak harmonis di birokrasi Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Tangerang kedepannya.

“Jika ada dua paslon atau lebih pada Pilkada Bupati Tangerang, kita takutkan adanya saling curiga dan hubungan yang tidak harmonis di birokrasi pemerintah,” jelasnya kepada Banten Hits, Jum’at (12/1/2018).

Akademisi ini juga menyebutkan akan hal yang sangat menarik dari fenomena petahana melawan kotak kosong, dan ia juga berharap hal ini menjadii contoh untuk politik nasional kedepannya.

“Hal ini dalam rangka hindari konflik dalam birokrasi, sehingga aparatur sipil negara (ASN) tidak terpecah-pecah dalam memberikan dukungannya kepada calon, untuk itu suasana kerja pemerintah daerah akan kondusif. Sehingga roda birokrasi pemerinthan tetap berjalan harmonis di Kabupaten Tangerang,” tuturnya.

Ia juga membantah pernyataan kepada para pengamat atau masyarakat yang tidak setuju akan akan paslon tunggal melawan kotak kosong.

“Jika mereka tidak setuju, kan Komisi Pemilihan Umum (KPU) sudah memberikan waktu kepada independen untuk mendaftarkan diri ke KPU,” jelasnya.

Namun, pada realitanya, masyarakat atau calon independen tak ada satu pun yang mendaftarka diri ke KPU untuk turut andil dalam ajang Pilkada Kabupaten Tangerang periode 2018-2023.(Zie)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Mulyadi Jayabaya Beri Sinyal ke PKS soal Pilkada Lebak, Apa Itu?

Berita Lebak- Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Keadilan Sejahtera...

PKS Lebak Daftarkan Bacaleg ke KPU Sebari Gowes Becak

Berita Lebak- Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Lebak resmi...

AHY: Suara Demokrat di Banten Dipercayakan ke Iti Jayabaya

Berita Lebak- Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono...

Jurus PPP Cilegon Rebut Kemenangan di Pemilu 2024, Bacaleg Dibekali Ini

Berita Cilegon- DPC Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kota Cilegon...