Connect with us

METROPOLITAN

BMKG Serang Minta Warga tak Kaitkan Supermoon dengan Bencana di Banten

Published

on

Supermoon

Ilustrasi (net)

Serang – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kelas I Serang menegaskan fenomena supermoon dan gerhana bulan total yang akan terjadi pada tanggal 31 Januari 218, tidak ada kaitannya dengan gempa dan cuaca ekstrem di Banten.

“Adanya gerhana tanggal 31 Januari yang bersamaan dengan purnama atau supermoon tidak ada kaitannya dengan angin kencang dan gempa,” ungkap Prakirawan BMKG Kelas I Serang, Trian Asmara, Selasa (30/1/2018).

Trian menjelaskan, belum ada alat yang bisa mendeteksi datangnya gempa, ia juga berharap masyarakat agar tenang dan tidak cemas dengan banyaknya isu mengenai adanya gempa besar yang akan menerjang pulau Jawa.

“Semua harus pahami bahwa Indonesia adalah supermarket bencana, terutama hidrometeorologi. Jadi resah bukan jalan keluar. Karena ditiap tempat pasti ada potensi bencana masing-masing. Mungkin ditekankan untuk mitigasinya, bagaimana pemerintah dan masyarakat harus meningkatkan kemampuan mitigasi saat terjadinya bencana,” jelasnya.

Trian justru menyarankan masyarakat untuk menikmati keindahan dari fenomena yang terjadi secara bersamaan tersebut.

“Jadi mudah-mudahan cuaca mendukung agar masyarakat bisa menikmati salah satu ciptaannya yang begitu indah,” pungkasnya.(Zie)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

11 + 6 =

Trending