Pemkab Lebak Diminta Alokasikan Dana Khusus untuk Rumah Rusak karena Bencana

Date:

Pemkab Lebak Siapkan Dana Bencana
Pemkab Lebak diminta mengalokasikan dana khusus untuk rumah warga yang rusak karena bencana alam. (Foto: Salah satu rumah warga di Lebak ambruk. Dok. Banten Hits/Fariz Abdullah)

Lebak – Hampir seluruh wilayah di Kabupaten Lebak dipetakan sebagai daerah rawan bencana. Belum lama ini, guncangan gempa berkekuatan 6,1 Skara Richter (SR) mengakibatkan ribuan rumah di kabupaten tersebut rusak.

BACA JUGA: Selama November, 352 Rumah di Lebak Rusak Diterjang Bencana Alam

Tak hanya gempa. Kebakaran, banjir, longsor dan puting beliung juga menimbulkan kerugian materil berupa kerusakan rumah, fasilitas umum hingga infrastruktur.

Sekretaris Komisi III DPRD Lebak, Pipit Chandra menilai, bantuan yang disedikan Pemkab Lebak kepada korban bencana masih fokus pada logistik.

“Lebak memang sudah punya tim relawan kebencanaan yang solid. Tapi jangan dilupakan, banyak masyarakat korban bencana yang kebingungan memperbaiki rumah mereka yang hancur,” kata Pipit, Kamis (1/2/2018).

BACA JUGA: Rumah Ambruk, Kakek di Lebak Kehilangan Tempat Tinggal

Kata politisi Partai Golkar ini, komisi III akan mendorong agar Pemkab Lebak juga menyiapkan anggaran khusus yang dialokasikan untuk kebutuhan material bangunan bagi korban bencana.

“Kita dorong itu. Karena saat bencana, bukan hanya persoalan logistik yang dihadapi masyarakat, akan tetapi berkaitan dengan persoalan tempat tinggal juga harus menjadi hal yang harus cepat ditangani,” jelas Pipit yang juga berharap, Lebak memiliki sistem peringatan dini bencana.(Nda)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Sepanjang 3-15 April 2024, Jumlah Penumpang di Terminal Poris Plawad Mencapai 1.000 Orang Per Hari

Berita Tangerang - Sepanjang 3-15 April 2024 atau selama...

Angka Kecelakaan saat Mudik Lebaran 2024 Menurun, Pelanggaran ETLE Meningkat

Berita Jakarta - Angka kecelakaan saat Mudik Lebaran 2024...

Lakalantas di Depan Ruko Barcelona Rawa Mekar Jaya Serpong, Dua Orang Luka

Berita Tangsel - Kecelakaan lalu lintas terjadi di Jalan...