Ajak Warga Lebak Gunakan Beras Ciberang, DPRD Minta Pemkab Evaluasi Hal-hal Ini

Date:

Distunbun Lebak launching beras ciberang
Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanbun) Kabupaten Lebak melaunching Beras Ciberang.(Dok.Banten Hits)

Lebak– DPRD Kabupaten Lebak mengajak masyarakat untuk segera beralih menggunakan Beras Ciberang yang baru saja dilaunching Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanbun) Kabupaten Lebak, Minggu (11/2/2018).

BACA JUGA: Pemkab Lebak Launching Beras Ciberang

Wakil rakyat daerah pemilihan 1 dari PKS Kabupaten Lebak Dian Wahyudi mengatakan, saat ini masyarakat Kabupaten Lebak patut berbangga lantaran sudah ada produk beras yang berhasil diproduksi oleh petani lokal dengan pemasaran hingga keluar daerah.

“Sudah saatnya kita mengonsumsi produk lokal kita yang kualitasnya sudah jelas tidak diragukan lagi,” kata Dian kepada Banten Hits, Senin (12/2/2018).

Menurutnya, selama ini masyarakat hanya mengenal jenis-jenis beras dari daerah lain yang memang sudah beredar di pasaran sejak lama. Mungkin belum banyak yang tahu bahwa sebagian beras yang dijual di pasaran itu, sebenarnya hasil panen padi di Kabupaten Lebak yang dijual keluar yang kemudian diolah dan dijual dengan brand lain.

“Selama ini beras Kabupaten Lebak dipasok ke luar daerah, seperti Pandeglang dan Jawa Barat. Bahkan, beras merek Cimanuk Kabupaten Pandeglang ternyata beras dari Kabupaten Lebak. Untuk itu, Lebak optimistis ke depan produksi beras merek Ciberang banyak permintaan dan menembus pasar nasional,” kata Anggota Komisi 3 DPRD Lebak ini.

Namun, Ketua DPD PKS Lebak ini berpendapat ada beberapa hal yang harus menjadi perhatian pemerintah daerah untuk memaksimalkan produk beras Ciberang ini dimana sistem pengamanan gudang yang rentan, masih kerap diganggu kawanan pembobol gudang padi di penggilingan, sehingga petani mengalami kerugian yang tidak sedikit.

BACA JUGA: Arahan DPP ke PKS Banten: Kurangi Rapat, Perbanyak Bertemu Masyarakat dan Tokoh!

Belum lagi, desain kemasan masih belum kuat dengan variasi warna yang kurang mencolok, sehingga jika ingin memproduksi secara mandiri tentunya memiliki beban biaya yang tentunya kan mempengaruhi harga jual beras.

“Kita berharap Beras Ciberang akan berkibar seperti Beras Cimanuk Pandeglang yang telah terkenal lebih dulu bahkan Beras Pandan Wangi Cianjur, dengan harga yang terjangkau rakyat tentunya,” pintanya. (Rus)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Dua Parpol Pemilik Suara Besar di Banten Gelar Pertemuan Tertutup, Isyarat Koalisi Mencuat

Berita Banten - Partai Golkar dan Partai Gerindra yang...

Arahan Presiden Jokowi dalam Rakernas Kesehatan Nasional di Kabupaten Tangerang

Berita Banten - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri sekaligus...

Pemindah-tanganan Aset Karantina Hewan Pemkab Tangerang yang Kini Diduga Dikuasai Pengembang Masih Misterius

Berita Tangerang - Proses pemindah-tanganan aset milik Pemkab Tangerang...