Mufidah Kalla Minta Dekranasda Banten Perhatikan Regenerasi Perajin

Date:

Mufidah Kalla
Mufidah Kalla berharap regenerasi perajin bisa menjadi perhatian Dekranasda Banten. (Foto: Mahyadi/Banten Hits)

Serang – Eksistensi seni dan budaya yang dimiliki Indonesia harus terus dijaga. Tidak hanya sebagai identitas negara, melainkan sebagai salah satu sumber perekonomian bagi masyarakat.

Hal tersebut dikatakan istri Wakil Presiden Jusuf Kalla, Mufidah Kalla saat berkunjung ke Museum Negeri Banten, di Kota Serang, Rabu (14/2/2018).

“Pelaku seni dan budaya masih banyak orangtua dan minim regenerasi. Saya minta Dekranasda Banten bisa memperhatikan soal regenerasi perajin ini,” kata Mufidah.

Regenarasi perajin kata dia bisa dilakukan dengan melakukan berbagai pelatihan yang menyasar pada kalangan muda dan pelajar di sekolah kejuruan. Termasuk dalam meningkatkan perekonomian para perjain dengan mengikuti trend yang tengah berkembang.

“Pemanfaatan belanja online misalnya agar tidak ketinggalan, dengan memperkuat jaringan perajin agar bisa memanfaatkan penjualan dengan sistem tersebut,” ujarnya.

Kata Mufidah, kerajinan seperti batik dan tenun Baduy, maupun batu akik Kalimaya hingga kuliner khas daerah yang telah banyak dikenal oleh masyarakat luas perlu ditingkatkan dalam sisi inovasi. Hal ini bertujuan meningkatkan nilai jual produk yang dipasarkan.

“Tenun Baduy yang telah mendunia perlu inovasi fashionable, peningkatan desain produk dan mengikuti trend pasar. Ini juga sekaligus untuk meningkatkan kelas perajin menjadi pengusaha baru,” paparnya.(Nda)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Setelah Sebatik Merambah Pasar Taiwan hingga Belanda, Kini Giliran Sepatu Lokal ‘Dorks’ Diekspor ke Senegal

Berita Tangerang - Sepatu-sepatu lokal di Kabupaten Tangerang yang...

Kata Pejabat Kemenko Perekonomian dan Bank Indonesia soal Inflasi dan Digitalisasi di Banten

Berita Banten - Tim Pengendalian Inflasi Daerah atau TPID...

Emang Boleh Ada Bolen Selegit ‘Ovenin’ Buatan Sri?

Berita Tangerang - Sri Yuningsih memberikan garansi tentang keunggulan...

bank bjb Kembali Dipercaya Jadi Penempatan RKUD Kota Tangsel

Berita Tangsel - bank bjb kembali dipercaya sebagai tempat...