Connect with us

Berita Pemda

Angka Kematian Ibu dan Bayi di Banten Masih Tinggi

Published

on

Angka Kematian Ibu dan Bayi

Ranta mengatakan, Pemprov Banten terus berupaya dalam menekan angka kematian ibu dan bayi yang masih tergolong tinggi. (Foto: Istimewa)

Serang – Forum Rencana Kerja (Renja) Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Banten diharapkan memberikan penguatan terhadap perencanaan program dan kegiatan pada Tahun Anggaran (TA) 2019.

“Pak Gubernur menginginkan bagaiamana orang yang tidak mampu bisa terlayani dengan baik. Kesehatan menjadi salah satu kebutuhan dasar, dan ini yang harus kita bangun,” kata Sekda Banten, Ranta Soeharta saat membuka Renja, di aula Gedung PMI Banten, Kalodran, Kota Serang, Kamis (15/2/2018).

Ranta mengungkapkan, Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB) masih tergolong tinggi, termasuk kaki gajah dan TBC. Ranta memastikan, Pemprov Banten terus berupaya menekan angka tersebut dengan upaya promotif dan preventif.

“Ini saatnya kita diskusikan dan kita programkan, yang terpenting kita bisa turunkan angka-angka ini,” pintanya.

Menurutnya, persoalan kesehatan tak hanya menjadi urusan dinas kesehatan semata, akan tetapi menjadi bagian yang integral antar semua lembaga pemerintah kabupaten/kota dan lembaga lainnya.

Ranta menjelaskan, data yang disampaikan dengan akurat akan menghasilkan perencanaan yang terintegrasi dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) lainnya.

“Database itu produk terpenting untuk perencanaan kedepan,” ucapnya.

Lebih lanjut kata dia, Renja bertujuan menyelaraskan program kerja Dinkes Banten dengan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) TA 2019 dan Rencana Pembangunan Jangka Menengan Daerah (RPJMD) TA 2017-2022.

Sementara itu, Kadinkes Banten, Sigit Wardojo menjelaskan, program rencana kerja pada tahun 2018 yang telah dicanangkan dengan beberapa program ini bisa langsung menyentuh masyarakat.

“Dari forum ini diharapkan bisa memberikan masukan serta turun rembuk untuk penguatan pembangunan kesehatan dalam upaya peningkatan kualitas hidup rakyat Banten yang berkeadilan,” terang Sigit.(Nda)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

thirteen − ten =

Trending