Polisi Tetapkan Rangkasbitung- Cibadak Titik Operasi Orang Gila

Date:

Razia Orang Gila
Petugas Satpol PP Kota Tangerang saat menjaring orang gila yang kedapatan berkeliaran. (Dok. Banten Hits)

Lebak – Keberadaan orang gila (orgil) kini tengah menjadi topik pembicaraan sekaligus momok di tengah masyarakat Indonesia, tak terkecuali di Banten.

Menyikapi fenomena orgil, petugas Satpol PP dibantu Polri dan TNI bersama dinas kesehatan dan dinas sosial di masing-masing kabupaten/kota di Provinsi Banten akan menggelar razia orang gila secara serentak, Kamis (22/2/2018).

BACA JUGA: Besok, Razia Orang Gila akan Digelar Serentak

Polres Lebak telah menetapkan sejumlah titik di Kecamatan Rangkasbitung dan Cibadak, sebagai titik operasi orgil, yaitu Stasiun Kerata Api (KA) Rangkasbitung, Pasar Rangkasbitung, Terminal Bus Mandala, Terminal Angkot Sunan Kalijaga, Alun-alun Rangkasbitung, serta beberapa jalan raya di perbatasan Rangkasbitung-Serang dan Rangkasbitung-Pandeglang.

Kapolres Lebak AKBP Dani Arianto menegaskan, Lebak harus aman dari segala persoalan yang bisa menimbulkan kerasahan bagi masyakat.

“Yang pasti, apapun untuk menciptakan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat, maka akan kami lakukan,” kata Dani, Selasa (20/2/2018).

Kepala Bagian Operasional (Kabag Ops) Polres Lebak Kompol Andi Suwandi mengatakan dalam waktu dekat pihaknya akan melakukan razia orgil di sejumlah titik di Kecamatan Rangkasbitung dan Cibadak. Agar dalam razia tersebut berjalan lancar, maka pihaknya akan melibatkan Dinas Sosial (Dinsos), serta Dinas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Lebak.

“Razia terhadap orgil ini kami lakukan untuk mencegah adanya hal-hal yang tidak diinginkan, seperti pengianyaiaan terhadap ulama atau pemuka agama di Lebak. Kami tidak ingin, kejadian yang menimpa ulama atau ustaz di daerah lain terjadi di Lebak,” ungkap Andi.

Andi mengatakan, razia orgil ini tetap mengedepankan nilai-nilai kemanusiaan. Dia juga berharap orgil yang terkena razia bisa dititipkan di tempat yang layak. Karenanya dalam operasi ini jajaran Polres Lebak melibatkan Dinsos Lebak.

“Kami tidak ingin setelah dirazia para orgil ini tidak dimanusiakan. Makanya setelah melakukan razia, para orgil ini harus tetap dimanusiakan,” ucapnya.(Rus)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Respons Aduan Warga, KASN Lakukan Analisa dan Akan Minta Klarifikasi Sekda Kabupaten Tangerang

Berita Tangerang - Komisi Aparatur Sipil Negara atau KASN...

Sekda Kabupaten Tangerang Dilaporkan Warga Sukamulya ke KASN terkait Dugaan Pelanggaran Etik ASN

Berita Tangerang - Sekretaris Daerah atau Sekda Kabupaten Tangerang,...

Digugat Warga dan ‘Diminta’ Pengembang, Bagaimana Nasib 24 Aset Milik Pemkab Tangerang Sekarang?

Berita Tangerang - Sedikitnya 24 aset Pemkab Tangerang saat...

Sepanjang 3-15 April 2024, Jumlah Penumpang di Terminal Poris Plawad Mencapai 1.000 Orang Per Hari

Berita Tangerang - Sepanjang 3-15 April 2024 atau selama...