Pemprov Banten Siapkan Rp 10 Miliar Lebih untuk Korban Gempa Bumi

Date:

Gempa
Sebuah rumah di Kabupaten Lebak rusak akibat gempa.(Dok. Banten Hits)

Serang – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten akan memberikan bantuan rumah kepada 206 korban bencana gempa bumi di Kabupaten Lebak, Kabupaten Serang dan Kabupaten Pandeglang. Total warga yang mendapatkan bantuan di Kabupaten Lebak 201 rumah, Pandeglang 1 rumah dan Kabupaten Serang 4 rumah.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Banten Sumawijaya mengatakan, bantuan yang bakal diterima sebesar Rp 50 juta dengan ukuran enam setengah kali lima meter itu, tidak diberikan tunai dan dikerjakan pihak ketiga.

“Itu bukan bantuan sosial, tapi adanya direkonstruksi di BPBD Banten. Untuk by name by adress yang berhak mendapatkan bantuan itu yang ditandatangani Bupati Lebak,” kata Sumawijaya di Pendopo Gubernur, Rabu (21/2/2018).

Sumawijaya menambahkan, data bantuan korban bencana tersebut berdasarkan hasil dari tim verifikasi BPBD Banten, BPBD lebak, tim dari kecamatan dan didamping Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPKP) Lebak yang menjadi patokan.

“Kita lagi nunggu Bappeda untuk mendatangi RKA (Rencana Kerja dan Anggaran) yang ada di kita. Ini kan harus segera dilelangkan. Total anggarannya diatas dari Rp 10 Miliar,” sebutnya.

Menurutnya, dalam pembangunan rumah korban bencana gempa bakal diawasi secara ketat oleh inspektorat dan bersama muspika. Alasan dikerjakan pihak ketiga, BPBD khawatir rumah tersebut tidak dibangun sesuai target.

“Ada yang dibangun, ada juga yang tidak,” pungkasnya.(Zie)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Jumat Curhat Polda Metro Jaya di Legok; Cara Humanis Polsek Legok Ciptakan Kamtibmas dan Dekatkan Diri ke Warga

Berita Tangerang - Kejahatan jalanan dan kenakalan remaja menjadi...

Respons Aduan Warga, KASN Lakukan Analisa dan Akan Minta Klarifikasi Sekda Kabupaten Tangerang

Berita Tangerang - Komisi Aparatur Sipil Negara atau KASN...

Sekda Kabupaten Tangerang Dilaporkan Warga Sukamulya ke KASN terkait Dugaan Pelanggaran Etik ASN

Berita Tangerang - Sekretaris Daerah atau Sekda Kabupaten Tangerang,...