Pemkab Serang dan Kodim 0602/Serang Bangun Rumah untuk Korban Puting Beliung

Date:

bantuan rumah untuk korban puting beliung
Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah bersama Dandim 0602/Serang Letkol Czi Harry Praptomo dan Wakapolres Serang Kompol Heri Sugeng menyerahkan enam rumah bantuan untuk korban bencana.(ISTIMEWA)

Serang – Warga Kampung Pabuaran, Desa Cikande, Kecamatan Cikande, Kabupaten Serang yang menjadi korban puting beliung pada November 2017 lalu, sudah bisa menempati enam rumah bantuan yang baru selesai pembangunannya. Rumah-rumah tersebut dibangun oleh Pemkab Serang dan Kodim 0602/Serang.

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah memastikan, warga yang belum menerima bantuan program keluarga harapan (PKH) dari pemerintah pusat akan segera mendapat program serupa lewat program Gerbang Utama Pemkab Serang yang merupakan replika PKH.

Hal tersebut disampaikan Tatu saat mengunjungi warga terdampak puting beliung, Kamis (22/2/2018). Turut dalam kunjungan Dandim 0602/Serang Letkol Czi Harry Praptomo, Wakapolres Serang Kompol Heri Sugeng, Kepala Dinas PUPR Hatib Nawawi, dan Camat Cikande Ajat Sudrajat.

“Alhamdulillah, enam rumah sudah diperbaiki dan sangat layak huni. Karena itu kita tinjau langsung untuk memastikan semua sudah berjalan normal,” kata Tatu seperti dilansir siaran yang diterima Banten Hits.

Dalam kunjungannya, Tatu menyempatkan berbincang dengan setiap warga yang menghuni rumah barunya. Tatu juuga menemukan banyak masalah, mulai dari kepala keluarga yang sulit mendapatkan pekerjaan, anak usia sekolah yang kesulitan biaya, hingga belum tersentuh bantuan pemerintah seperti program keluarga harapan (PKH).

Setelah mengetahui kondisi yang dialami warganya, Tatu memerintahkan dinas terkait merespons, seperti meminta Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Serang menurunkan program kejar paket untuk kepala keluarga agar bisa bekerja di industri serta memberikan beasiswa kepada anak usia sekolah.

“Setelah berbincang kepada warga kita menemukan ada suami yang belum kerja karena tidak punya ijazah. Sehingga, camat akan mendata siapa yang belum memiliki ijazah SD, SMP, dan SMA agar ikut ke program paket A,B, dan C. Tidak boleh ada anak putus sekolah dan pencari kerja harus dipermudah dan diberi solusi,” tegas Tatu.

“Karena pada kenyataanya masyarakat masih ada yang belum tercover di PKH dan Jamsosratu. Sehingga, Pemda harus memunculkan Gerbang Utama,” sambungnya.

Dandim 0602/Serang Letkol Czi Harry Praptomo turut peduli terhadap para warga yang terdampak bencana di kampung tersebut. Ia menegaskan, akan merekrut salah satu anak muda yang saat ini masih berusia SMP untuk bisa menjadi tentara.

“Bagi anak yatim yang mau menjadi tentara dan memenuhi syarat, akan kami fasilitasi,” kata Harry.

Salah satu penerima bantuan, Aminah, mengaku senang atas kepedulian Pemkab Serang dan Bupati Serang yang turun langsung menemui korban puting beliung. Bahkan, sebelumnya pada November 2017, Tatu sempat mengajak puluhan warga untuk makan bersama saat proses perbaikan rumah dilakukan.

“Sebelumnya, rumah saya sudah rata dengan tanah dan khawatir akan tinggal dimana lagi. Alhamdulillah, dikasih bantuan sembako juga dan lainnya,” katanya.(Rus)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Dua Parpol Pemilik Suara Besar di Banten Gelar Pertemuan Tertutup, Isyarat Koalisi Mencuat

Berita Banten - Partai Golkar dan Partai Gerindra yang...

Arahan Presiden Jokowi dalam Rakernas Kesehatan Nasional di Kabupaten Tangerang

Berita Banten - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri sekaligus...

Pemindah-tanganan Aset Karantina Hewan Pemkab Tangerang yang Kini Diduga Dikuasai Pengembang Masih Misterius

Berita Tangerang - Proses pemindah-tanganan aset milik Pemkab Tangerang...