Connect with us

Rubrik Unggulan

Coming Soon! Tempat Makan dengan Sensasi Mengapung di Situ Rawa Arum

Published

on

saung terapung situ rawa arum

Pengunjung Situ Rawa Arum sedang menikmati suasa di dalam saung terapung. Saung ini bisa digunakan untuk satu keluarga.(Banten Hits/ Iyus Lesmana)

Bisnis kuliner hari ini tak hanya sekadar menjual rasa, melainkan juga berupaya menyajikan spot-spot terbaik. Memadukan citarasa dengan suasana adalah jawaban atas keinginan para penikmat kuliner zaman now yang tak hanya ingin memuaskan selera makan, tapi juga bisa betah berlama-lama menikmati suasana.

Buat Anda yang tinggal di Cilegon, nama Situ Rawa Arum mungkin sudah tidak asing. Destinasi wisata yang terletak di Kelurahan Rawa Arum, Kecamatan Grogol, Kota Cilegon ini dikenal dengan view yang kece abis. Dari atas hamparan air yang tenang, pengunjung bisa menikmati hijaunya bukit yang mengelilingi Situ Rawa Arum.

Dalam waktu dekat ini, pengunjung Situ Rawa Arum tak hanya bisa menikmati indahnya pemandangan saja. Pengelola kini tengah menyiapkan konsep Saung Terapung. Nantinya, pengunjung bisa menikmati beragam makanan khas Banten dari atas saung-saung yang mengapung di tengah danau.

Menurut Husen Saidan, tokoh masyarakat Rawa Arum yang dipercaya mengelola Situ Rawa Arum, nantinya pengunjung dan penjual makanan ada di tengah danau.

“Jadi mereka dari jetty pesen makanan dan langsung ke tengah (danau). Pengunjung dapat makan sambil menikmati pemandangan. Kami juga sediakan operator saungnya juga untuk mejalankan saung berkeliling situ,” kata Husen, Sabtu (24/2/2018).

Husen menuturkan, ide membuat konsep kuliner saung terapung berawal dari studi banding ke daerah Lembang, Bandung. Situ Rawa Arum yang lebih luas dibandingkan Situ Lembang, membuat Husen yakin konsep saung terapung akan lebih menarik diterapkan di Situ Rawa Arum.

Soal biaya sewa untuk saung terapung di Situ Rawa Arum, Husen meyakinkan, biayanya dijamin ramah kantong. Untuk mendapatkan sensasi mengapung sambil menikmati keindahan alam sepuasnya, pengunjung hanya cukup mengeluarkan Rp 100 ribu.

“Tapi jika ingin menggunakan saung seharian penuh, pengunjung dikenakan Rp 250 ribu. Pengunjung bisa sambil mancing,” bebernya.

Pembuatan setiap satu unit saung ini, jelas Husen, dibutuhkan dana yang cukup lumayan, yakni berkisar antara Rp 5-6 juta. Rencananya, akan tersedia enam saung nantinya di Situ Rawa Arum ini.

“Untuk membuat saung saya memanfaatkan bambu dan dikombinasi dengan barang berupa kayu bekas dari pabrik yang kita manfaatkan. Jika ada donatur dari pemerintah atau peminat bisa tidak menutup kemungkinan kita tambah saungnya,” terangnya.

“Saya yakin jika masyarakat yang betul-betul cinta dengan alam akan datang dan berminat, karena di Cilegon khususnya Banten tempat seperti ini agak susah. Di sini tempatnya bagus dan pemandangannya cukup indah serta berada di pinggir jalan,” ungkapnya.

Nah, buat Anda yang sudah tidak sabar ingin segera menikmati sensasi mengapung sambil menikmati menu khas Banten, tongkrongin terus tuh Situ Rawa Arum biar gak ketinggalan. Jadilah pengunjung pertama yang menikmati destinasi menarik ini…

Editor: Darussalam Jagad Syahdana

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 × four =

Trending