Connect with us

EKONOMI & BISNIS

Butuh Terobosan Tuntaskan Pengangguran di Kabupaten Serang

Published

on

DPRD Kabupaten Serang

Wakil Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Serang, Heri Ajhari. (Foto: Saepulloh/Banten Hits)

Serang – Angka pengangguran di Kabupaten Serang tertinggi di Provinsi Banten. Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Provinsi Banten menyebut, pada Agustus 2017, jumlah pengangguran di kabupaten ini lebih dari 14 persen.

BACA JUGA: Pengangguran Terbanyak di Banten Berada di Cilegon dan Serang

Tingginya pengangguran di Kabupaten Serang memang ironi di tengah tumbuhnya ratusan industri. Apalagi, kabupaten ini merupakan wilayah yang strategis bagi kegiatan industri setelah Cilegon.

“Harus ada terobosan dari dinas tenaga kerja dan menjalin komunikasi dan koordinasi dengan seluruh stakeholder serta para pelaku usaha, baik padat karya atau padat modal untuk bisa merekrut tenaga kerja lokal,” kata Wakil Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Serang, Heri Ajhari saat berbincang dengan Banten Hits, Selasa (13/3/2018).

Kata Heri, jika satu industi bisa menyerap 50 tenaga kerja, maka sebanyak 25.000 tenaga kerja bisa terserap oleh 500 industri yang beroperasi di kabupatan tersebut.

“Job fair salah satunya dan menyampaikan seluas-luasnya kepada masyarakat tentang peluang kerja. Publikasi ini harus sampai ke kecamatan dan desa. Kita sedih, nilai investasi yang tinggi tapi pengangguran masih tinggi,” ucapnya.

BACA JUGA: Banten Peringkat Dua Pengangguran Tertinggi, Ketua DPRD: Ada Mis Tata Kelola Potensi

Heri mengaku sempat mendorong Pemkab Serang membuat Balai Pelatihan Kerja (BLK) di Serang Timur yang dimentori para pengusaha agar ketika perusahaan membutuhkan tenaga kerja bisa menyerap tenaga kerja yang sudah ada. Termasuk mendorong dibangunnya sekolah kejuruan sesuai kebutuhan industri.

“Kalau di wilayah timur kan lebih ke garmen, kemudian di Bojonegara dan Puloampel jurusan teknik kimia dan industri, sedangkan di Anyer dan Cinangka pariwisata,” jelasnya.(Nda)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three × five =

Trending