Peningkatan IPM Jadi Prioritas, Bupati Serang Minta OPD Konsisten

Date:

Bupati Serang
Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah meminta seluruh OPD konsisten pada program kerja dalam rangka peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM). (Foto: Saepulloh/Banten Hits)

Serang – Peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) menjadi salah satu prioritas Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang. Pencapaian IPM, bisa dilakukan dengan cara pembagian tugas kepada masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

“OPD sebagai pemegang kendali untuk pencapaiannya. Sehingga jangan sampai keluar dari jalur untuk target infrastruktur, kesehatan, pendidikan, dan daya beli Sebagai tolak ukur peningkatan IPM,” kata Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah, Senin (12/3/2018).

Untuk itu, Tatu meminta agar seluruh OPD konsisten menjalan programnya. Forum gabungan perangkat daerah membahas rancangan rencana kerja perangkat daerah yang menjadi sasaran prioritas program, kegiatan perangkat daerah, dan sinergitas program antar perangkat daerah.

“Forum gabungan perangkat daerah diselenggarakan dengan mengkombinasikan hasil musrenbang di kecamatan dan hasil reses DPRD,” terang Tatu.

Selain infrastruktur jalan yang sudah berjalan sesuai arahan, masih banyak program yang belum terlaksana dengan baik.

”Pendidikan dan kesehatan kami minta untuk detailkan datanya. Seperti ruang kelas yang rusak ada berapa dan puskesmas yang perlu diperbaiki ada berapa. Jadi jelas agar dilakukan perencaan dan bisa segera diperbaiki,” pesan Bupati Serang.

Sementara itu, Kepala Bappeda Kabupaten Serang, Anang Mulyana menuturkan, forum gabungan perangkat daerah bertujuan menyelaraskan rencana program setiap OPD yang sesuai tugas pokoknya.

“Sesuai dengan maksud penyelenggaraan kegiatan forum gabungan perangkat daerah ini, maka di dalam menyusun rencana kegiatan tahun 2019, masing-masing mengakomodir program prioritas pada rancangan agar konsisten. Sehingga target RPJMD dan RKPD terwujud,” papar Anang.

Rencana kerja yang disusun melalui forum gabungan perangkat daerah akan dilanjutkan dengan penyelenggaraan Musrenbang RKPD yang akan digelar bersama-sama dengan perwakilan seluruh stakeholder.(Nda)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Respons Aduan Warga, KASN Lakukan Analisa dan Akan Minta Klarifikasi Sekda Kabupaten Tangerang

Berita Tangerang - Komisi Aparatur Sipil Negara atau KASN...

Sekda Kabupaten Tangerang Dilaporkan Warga Sukamulya ke KASN terkait Dugaan Pelanggaran Etik ASN

Berita Tangerang - Sekretaris Daerah atau Sekda Kabupaten Tangerang,...

Digugat Warga dan ‘Diminta’ Pengembang, Bagaimana Nasib 24 Aset Milik Pemkab Tangerang Sekarang?

Berita Tangerang - Sedikitnya 24 aset Pemkab Tangerang saat...

Sepanjang 3-15 April 2024, Jumlah Penumpang di Terminal Poris Plawad Mencapai 1.000 Orang Per Hari

Berita Tangerang - Sepanjang 3-15 April 2024 atau selama...