Connect with us

Kota Tangerang

KPU Kota Tangerang Launching Aplikasi Sipil, Ini Manfaatnya

Published

on

KPU Kota Tangerang

KPU Kota Tangerang melaunching aplikasi Sipil. Aplikasi ini bermanfaat bagi masyarakat yang ingin mengetahui berbagai informasi seputar Pilkada Kota Tangerang 2018. (Foto: Hendra Wibisana/Banten Hits)

Tangerang – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang melaunching aplikasi Sipil (Sistem Administrasi Pemilihan) Pilkada 2018, di Hotel Alium, Jalan Benteng Betawi, Kota Tangerang, Selasa (27/3/2018).

Komisioner KPU Kota Tangerang, Ahmad Syailendra mengatakan, Sipil merupakan sarana informasi publik terhadap kinerja KPU, mulai dari pemutakhiran data pemilih hingga pencoblosan. Aplikasi Sipil merupakan aplikasi pertama kali di Indonesia

“Terdapat menu untuk bisa melihat di mana lokasi 3.091 TPS yang berada di 104 kelurahan,” kata Syailendra.

Masyarakat bisa memanfaatkan apilkasi Sipil guna mengetahui alur pemutakhiran data pemilih, mulai dari Daftar Pemilih Sementara (DPS) dan Daftar Pemilih Tetap (DPT).

“Sudah ada angka-angkanya. Lalu Ada juga tingkat partisipasi pemilih yang nanti akan ketahuan hasilnya pada 27 Juni. Target kita (partisipasi) di angka 77,5 persen karena menjadi bagian dari Renstra KPU RI tahun 2015-2019,” ujarnya.

Kata Syailendra, tidak kalah penting, masyarakat juga bisa mengkrosek DPS melalui teknik atau NKK.

“Kalau NIK akan keluar untuk satu orang, kalau NKK itu bisa satu rombongan akan keluar. Jika masyarakat belum terdaftar bisa mengklik menu daftar dan mengisi identitas,” jelasnya.

Pada layanan Sipil, terdapat pula menu untuk melihat visi dan misi pasangan calon dan contoh surat suara.

“Karena Pilkada Kota Tangerang hanya ada calon tunggal, yang pertama kita masukan visi misi dari pasangan calon Arief-Sachrudin,” tuturnya.

Ketua Panwaslu Kota Tangerang, Agus Muslim mengapresiasi apilkasi tersebut dan berharap KPU segera mensosialisasikannya kepada masyarakat.

“Keterbukaan informasi perlu disampaikan kepada masyarakat, apalagi sekarang semakin mudah dengan perkembangan teknologi informasi,” ujarnya.(Nda)

Trending