Connect with us

Berita Pemda

Aktualisasi Nilai Perjuangan Kartini Bukan Hanya soal Kesetaraan Gender

Published

on

Peringatan Hari Kartini

Pjs Wali Kota Tangerang M Yusuf menyampaikan, perjuangan perempuan untuk terus maju tanpa batasan masih harus dilakukan. Hal itu disampaikan Yusuf saat menghadiri peringatan Hari Kartini di Mal Balekota. (Foto: Dok. Humas Pemkot Tangerang)

Tangerang – Peringatan Hari Kartini setiap tanggal 21 April harus menjadi momentum bagi masyarakat untuk mengaktualisasikan nilai-nilai yang diperjuangan RA Kartini semasa hidup dalam kehidupan sehari-hari.

“Kartini muda telah berhasil mempengaruhi orang dengan begitu fenomenal, yang sampai hari ini banyak wanita terinpirasi dari kehidupan Kartini,” kata Pjs Wali Kota Tangerang M. Yusuf saat menghadiri acara Kreasi Kartini yang diselenggarakan oleh TP PKK Kota Tangerang, di Mal Balekota, Sabtu (21/4/2018).

Dihadapan ibu-ibu PKK, Yusuf mengingatkan, berkat perjuangan Kartini, tidak sedikit wanita yang mempunyai peran lebih tinggi atau sejajar dengan laki-laki.

Namun demikian, aktualisasi nilai-nilai perjuangan Kartini kata Yusuf, bukan hanya soal kesetaraan gender. Lebih dari itu, bagaimana setiap orang baik laki-laki dan perempuan menyadari peran dan kontribusinya dalam kehidupan bermayarakat.

“Misal menjadi ibu rumah tangga. Bukan berarti menjadimenjadi masyarakat kelas dua, jangan salah. Justru dengan menjadi ibu rumah tangga, seorang wanita bisa menjadi penentu nasib suatu bangsa di masa depan. Karena di tangan ibu lah muncul generasi masa depan yang menjadi tumpuan bangsa,” papar Yusuf dalam siaran pers yang diterima Banten Hits.

“Seorang ibu juga punya tanggung jawab mendidik anak-anak agar sukses dalam agama dan dalam kehidupan,” sambung Yusuf.

Sementara dalam bidang pemerintahan. Seorang ibu bisa menjadi pendorong reformasi birokrasi yang saat ini sedang digaungkan oleh pemerintah, terutama dalam mewujudkan good governance and clean government.

“Jadi jangan salah, seorang istri juga punya peranan mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih,” tegasnya.(Nda)

Trending